KASIAT AKAR BUNGA PAGODA UNTUK TUMPAS PENYAKIT WASIR DLL.


Bunga pagoda (Clerodendrum japonicum Sweet) adalah tanaman hias yang umum ditanam di pekarangan rumah. Atau juga sebagai peneduh di pinggir jalan serta pagar rumah. Dinamakan bunga pagoda karena bunganya yang berumpun membuat seperti pagoda atau piramid saksikan gambar.
Advertisement



Sama dengan bunga matahari, terkecuali juga sebagai kembang taman, bunga pagoda juga bermanfaat juga sebagai tanaman obat tradisional. Sisi tanaman yang berguna serta kerap jadikan obat yaitu akar, daun serta bunganya.

Manfaat Akar Bunga Pagoda
Manfaat Bunga PagodaAkar bunga pagoda mempunyai karakter dingin serta terasa pahit. Khasiatnya juga sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretik), menyingkirkan bengkak, serta menghancurkan darah beku.

Akar bunga pagoda ini umum dipakai untuk menyembuhkan sebagian penyakit seperti sakit pinggang (lumbago), nyeri pada rematik, tuberkulosis paru (TB paru) yang dibarengi batuk darah, wasir berdarah (hemoroid), berak darah (disentri), sulit tidur (insomnia), serta bengkak (memar) disebabkan terbentur benda keras.

Daun serta Bunga Pagoda
Bunga pagoda mempunyai rasa yang manis serta sifatnya hangat. Bermanfaat sedatif serta hemostatis (hentikan pendarahan). Bunga pagoda umum dipakai untuk menyembuhkan pasien anemia, keputihan, wasir berdarah, serta sulit tidur (insomnia). Sedang daunnya bermanfaat juga sebagai antiradang serta keluarkan nanah.

Di bawah ini sebagian misal faedah bunga pagoda untuk kesehatan serta penyembuhan tradisional :

Menyembuhkan bisul serta koreng
Ambillah daun serta bunga pagoda yang masih tetap segar, bersihkan bersih serta digiling atau ditumbuk sampai halus. Imbuhkan sedikit madu, lalu diaduk sampai rata. Tempelkan ramuan tertulis diatas bisul atau koreng. Bila telah kering dapat ditukar dua atau tiga kali satu hari.

Menyembuhkan sulit tidur (insomnia)
Ambillah bunga pagoda kering seperlunya, lalu digiling sampai jadi serbuk. Ambillah satu sendok teh serbuk tadi, lantas masukkan ke satu seloki arak manis. Aduk rata, lantas minum sekalian saat malam hari mendekati tidur.

Menyembuhkan Wasir Berdarah
Bersihkan bersih 30 gr bunga pagoda dengan usus sapi. Dapat jadikan sayur atau ditumis. Sesudah masak, kuahnya diminum serta usus sapinya dapat dikonsumsi juga sebagai lauk.

Terkecuali berguna juga sebagai tanaman hias, bunga pagoda juga mempunyai manfaat juga sebagai tanaman obat. Jadi, bila di pekarangan rumah anda ada kembang pagoda, janganlah ditebang.