STOP!! MULAI SEKARANG JANGAN BUANG KULIT BAWANG MERAH, LIHAT INILAH MANFAAT YANG KALIAN DAPATKAN JIKA MENGGUNAKANYA!! (DIBACA YA BIAR JELAS)



Waktu memakai bawang merah untuk masak, biasanya orang akan mengupas kulit dan membuangnya. Walaupun sesungguhnya kulit bawang merah sangat kaya faedah kesehatan dan bisa menjadikan obat untuk penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanker usus besar, diabetes type-2 dan obesitas. 

Produksi limbah bawang merah senantiasa jadi tambah searah karenanya ada banyak hasrat. Semakin lebih 500. 000 ton limbah bawang merah dihasilkan Uni Eropa masing-masing th., yang telah jadi permasalahan lingkungan. 

Limbah bawang itu termasuk kulit cokelat kering, susunan luar, akar dan batang, serta bawang yang kurang besar untuk digunakan lewat cara komersil atau bawang yang rusak. 

 " Satu diantara jalan keluar yang digunakan untuk limbah bawang merah yakni sebagai bahan alami dengan nilai fungsional tinggi, karena sayuran itu kaya senyawa yang berikan faedah untuk kesehatan manusia, " papar Vanesa Benitez, seorang peneliti di Departemen Kimia Pertanian Autonomous University of Madrid, Spanyol, seperti ditulis Health. 

Kelompok riset Benitez bekerja dengan sebagian ilmuwan dari Cranfield University, Inggris, untuk kerjakan eksperimen laboratorium untuk mengidentifikasikan zat dan peluang penggunaan tiap-tiap sisi bawang. 

Menurut penelitian, kulit coklat bawang dapat digunakan sebagai bahan fungsional tinggi serat (terutama tipe non larut) dan senyawa fenolik, seperti quercetin dan flavonoid lain (metabolit tanaman dengan ciri-ciri obat). Dua susunan berdaging luar bawang juga mempunyai kandungan serat dan flavonoid. 

 " Makan serat kurangi kemungkinan menanggung derita penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanker usus besar, diabetes tipe-2 dan obesitas, " jelas peneliti. 

Senyawa fenolik di kenali dapat menolong menghindar penyakit koroner dan memiliki ciri-ciri anti-karsinogenik. Tingginya tingkat senyawa itu di kulit kering dan susunan luar umbi bawang juga berikan kekuatan anti-oksidan yang tinggi. 

Peneliti mereferensikan menggunakan bebrapa sisi internal dan bawang utuh yang dibuang sebagai sumber fruktan dan senyawa belerang. Fruktan yakni prebiotik, dengan kata lain memiliki efek kesehatan yang untungkan, karena lewat cara selektif merangsang perubahan dan aktivitas bakteri dalam usus besar. 

Senyawa belerang kurangi akumulasi trombosit, tingkatkan aliran darah dan kesehatan jantung biasanya. Senyawa itu bisa memiliki efek positif pada anti-oksidan dan sistem anti-inflamasi pada mamalia. 

 " Hasil penelitian perlihatkan kalau akan berguna untuk memisahkan bebrapa sisi yang tidak sama dari bawang yang dihasilkan selama system industri. Itu akan sangatlah mungkin saja limbah bawang untuk digunakan sebagai sumber senyawa fungsional yang akan ditambahkan ke bahan makanan lain, " jelas Benitez.