TANAMAN INI MAMPU MENGOBATI PENYAKIT KANKER, TUMOR, DIABETES, PROSTAT, MAAG KRONIS DAN BANYAK LAGI PENYAKIT YANG BISA DISEMBUHKAN | BERIKUT CARA MERACIKNYA


Tanaman JombangNama umum : Jombang (Taraxacum officinale Weber et Winggers)
Famili : Asteraceae
Nama Lokal : Jombang, taraksakum (Jawa).
Nama asing : Pu gong ying (C), dandelion (I).
Nama simplisia : Taraxaci Herba (herba jombang).

Sifat dan Khasiat

Jombang rasanya manis, sedikit pahit, sifatnya dingin. herba ini masuk meridian hati (liver) serta lambung, dan bermanfaat tonik pada liver serta darah. Selain itu juga bermanfaat antibiotik, antiradang, menghilangkan bengkak, menghancurkan sumbatan, peluruh kencing (diuretik kuat), membersihkan panas serta toksin, dan meningkatkan produksi empedu.

Bagian yang Digunakan

Bagian tumbuhan yang dipakai yaitu herba dan akar segar ataupun yang sudah dikeringkan.

Indikasi
Herba Jombang dipakai untuk pengobatan :

Radang, seperti : radang tenggorokan, radang mata merah (konjungtivitas), radang akut usus buntu (akut apendisitis), radang panggul, radang hati (hepatitis), radang kandung empedu (kolesisitis), dan radang serta abses payudara.
Infeksi dan batu saluran kencing
Gondongan (parotitis)
Diare, disentri
Sakit maag (gastritis), tidak nafsu makan
Kencing manis/diabetes (DM)
Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Kurang darah (anemia)
Kaki bengkak lantaran timbunan cairan
Keputihan (leukore)
Produksi air susu ibu sedikit
Bisul, koreng, borok yang dalam, gigitan ular
Cellulite
Pembesaran prostat
Meningkatkan pembuangan asam urat
Bercak hitam di muka (freckles)
Tumor pada sistem pencernaan (esofagus, lambung, usus, hati & pankreas)
Kanker (payudara, paru-paru, leher rahim/serviks dan gusi)
Leukimia granulositik kronik

Akar digunakan untuk pengobatan :

Hepatitis, sakit kuning (jaundice)
Infeksi kandung empedu, mencegah munculnya batu empedu
Memperbanyak ASI
Buang air besar tidak lancar (sembelit)
Penyakit kulit, seperti jerawat, eksim, psioriasis
Ramatik, termasuk juga osteoarthritis serta gout

Cara pemakaian

Untuk obat yang diminum, rebus atau tumbuk 15-30 gr herba segar, selanjutnya peras. Setelah itu, minum air perasannya atau bisa dipakai untuk campuran resep. Khusus untuk menyembuhkan kanker, tumor atau penyakit berat, gunakan herba sebanyak 20-60 gr. Cara lain rebus 10-30 gr akar, selanjutnya air rebusanya diminum. Di beberapa negara, akar dikeringkan lalu dighiling hingga halus. Ambil 1-2 sendok teh, lalu seduh dengan air panas. Bila diperlukan, tambahkan air perasan jeruk nipis untuk memperbaiki rasa.

Untuk penggunaan luar, giling herba segar atau akar sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti payudara yang bengkak, bisul serta luka bakar. Selain itu, daunnya juga bisa di rebus, lalu gunakan airnya untuk mandi atau menguapkan wajah. Langkah tersebut mempunyai tujuan untuk menyegarkan badan serta memelihara kulit wajah dari flek dan jerawat.

Efek farmakologis dan Hasil Penelitian

Kandungan polisakarida dari tumbuhan jombang bisa menghambat perkembangan sel kanker paru-paru manusia yang ditransplantasikan pada tikus serta menghambat perkembangan sarcoma.
Herba jombang bermanfaat menghambat perubahan Staphylococcus aureus, Streptoccuc hemolyticus serta Neisseria catarrhalis.
Ekstrak alkohol herba jombang bermanfaat melancarkan pengeluaran empedu ke usus (kolagoga) pada tikus.
Melindungi kerusakan liver (hati) tikus yang di beri zat karsinogenik CCl4.
Air rebusan jombang bisa dipakai untuk meningkatkan ketahanan tubuh dengan cara mengaktifkan makrofag, merangsang pembentukan limfosit serta pembentukan antibodi.
Daun jombang bermanfaat diuretik kuat. Tetapi tidak mengakibatkan kekurangan kalium lantaran tumbuhan ini mengandung cukup kalium (Jurnal Planta Medica 1974).
Akar jombang bermanfaat membersihkan hati, merangsang produksi cairan empedu serta laksatif ringan (peneliti German 1959).

Contoh Pemakaian

Radang & Abses Payudara
Bersihkan 60 gr herba jombang segar hingga bersih, lalu potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum sekaligus, lakukan 2 kali satu hari hingga sembuh. Untuk pemakaian luar, bersihkan tumbuhan segar seperlunya lalu giling hingga halus. Tambahkan pada payudara yang sakit.

Radang kandung empedu
Bersihkan 30 gr herba jombang segar hingga bersih, lalu potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin saring dan minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.

Kanker
Rebus 20-30 gr herba jombang segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sesudah dingin saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Keputihan disebabkan infeksi, kanker serviks atau radang panggul
Sediakan 30 gr herba jombang segar (untuk kanker dan radang panggul sebanyak 60 gr), lalu bersihkan hingga bersih. Setelah itu potong-potong serta rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring serta air saringannya diminum sekaligus, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. Selain di rebus, herba juga bisa ditumbuk hingga halus. Setelah itu saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Radang kandung empedu disertai hepatitis
Bersihkan 30 gr herba jombang segar hingga bersih, lalu potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setalah dingin, saring serta air saringanya dibagi untuk 3 kali minum, sehari 3 kali. Masing-masing 1/2 gelas.

Kencing manis, tekanan darah tinggi
Bersihkan 30 gr herba jombang segar, lalu potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Sesudah dingin saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Bisul
Bersihkan herba segar jombang seperlunya hingga bersih, lalu giling hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul, lalu balut dengan kain perban. Untuk obat yang diminum, sediakan 1 seloki air perasan jombang segar. Tambahkan arak yang jumlahnya sama banyak dengan air perasan, lalu panaskan. Setelah dingin, minum seklaigus untuk mengikis panas dan racun.

Sakit maag kronis
Bersihkan 15 gr herba jombang segar hingga bersih, lalu potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air samapi tersisa 1 gelas. Tambahkan 1 sendok makan arak beras sembari diaduk. Minum ramuan ini setelah makan, sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian.

Kaki bengkak karena timbunan cairan
Bersihkan herba jombang segar seperlunya, lalu tumbuk hingga halus. Peras serta saring hingga airnya terkunpul sekitar 20 ml. Minum sekaligus, lakukan 3 kali sehari.

Memperbanyak ASI
Bersihkan 30 gr akar jombang segar, lalu potong-potong kecil. Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih (selama 15 menit). Sesudah dingin saring serta minum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 bagian.

Borok, sakit kulit
Seduh herba jombang segar seperlunya dengan air panas. Gunakan air seduhannya untuk membersihkan borok atau mengompres penyakit kulit pada saat hangat.

Luka bakar, tersiram air panas
Bersihkan akar segar 1 tanaman jombang, tumbuk hingga halus, lalu peras serta saring. Oleskan air saringannya di bagian tubuh yang sakit.

Bercak hitam di muka
Bersihkan daun jombang segar seperlunya, lalu rebus. Sesudah dingin, kompreskan di wajah yang berbercak. Lakukan setiap hari hingga sembuh.

Efek Samping
Beberapa orang akan mengalami rasa mual, muntah, rasa tidak enak di perut dan diare ringan setelah minum rebusan herba jombang.

Catatan
Jombang meningkatkan pengeluaran racun, sisa metabolisme dan polusi melalui hati dan ginjal.
Di luar negeri, sudah di produksi obat paten dari jombang berupa tablet dan sirop.