Misteri Stigmata, Tanda Luka Salib Yesus

Fenomena Stigmata selalu menyisakan misteri dan pertanyaan besar dari segi sains, kesehatan bahkan keimanan. Kisah Misteri Stigmata, Tanda Luka Salib Yesus yang muncul secara tiba-tiba pada tubuh seseorang seperti bekas lubang paku ditangan dan kaki, luka berdarah di sekitar kepala akibat mahkota duri, luka bilur-bilur akibat cambuk penderaan diseluruh tubuh dan tanda-tanda lainnya yang persis mirip pola luka penyiksaan pada penyaliban Yesus Kristus.

Kejadian Aneh Stigmata ini biasanya terjadi di lingkungan Tradisi Iman Kristen Katolik yakni biarawan atau biarawati 'terpilih' lah yang mengalaminya. Aneh Tapi Nyata, luka ini muncul secara tiba-tiba dan mengeluarkan darah baru yang segar tanpa meninggalkan infeksi bagi stigmatic, sebutan buat orang yang mengalami mukjizat aneh ini. Pernahkah anda menonton Film Stigmata yang dulu booming pada tahun 1999 seperti itulah kira-kira gambaran bagi penderita stigmatic. Berikut 8 Orang yang Pernah Mengalami Stigmata, Tanda Luka Salib Yesus :

1. Kisah Nyata Theresia Neumann, Stigmatis (1898-1962)

Misteri Stigmata, Tanda Luka Salib Yesus

Memiliki nama panggilan Resl, Therese Neumann wanita dari Konnersreuth Bavaria Jerman ini dilahirkan pada tahun 1898 dari sebuah keluarga Katolik yang terbilang miskin. Suatu ketika saat umurnya menginjak 20 tahun kobaran api melalap gudang Martin Neumann pamannya, di mana Thresia bekerja. Saat membantu memadamkan api itulah Resl mengalami kecelakaan. Ia jatuh ke tanah dengan rasa teramat nyeri di punggung. Ia tak dapat berjalan dan harus dipapah pulang. Kecelakaan ini membuatnya lumpuh sebagian di punggung dan kejang-kejang hebat di kedua kaki. Dokter tak dapat mendatangkan kesembuhan. Keadaan Resl semakin memburuk dari hari ke hari. Klimaks dari penderitaannya terjadi pada bulan Maret 1919 ketika ia menjadi sama sekali buta.

Resl, gadis yang dulu sangat aktif, sekarang harus terbaring di tempat tidur karena kebutaan, sawan, nyeri di punggung dan kedua kaki dan borok-borok bernanah di punggung dan kakinya. Ia kemudian menghabiskan hidupnya dengan berbaring di ranjang selama 6,5 tahun. Keluarganya selalu menghibur dengan membacakan bacaan-bacaan rohani. Ajaib, ia mengalami kesembuhan dan tepat 1 tahun kemudian dia menerima stigmata di bagian jantung dan kedua telapak tangannya. Saat itu juga ia berpuasa penuh selama 36 tahun hingga ajalnya, sehingga makanan dan minuman satu-satunya hanyalah 'Tubuh Kristus'.

Kisah Nyata Stigmati Theresia Neumann

Dan karena hal ini juga pihak Nazi yang berkuasa di Konnersreuth pun menarik jatah makannya dan memberikan kepadanya jatah untuk sabun, dua kali lipat untuk mencuci pakaiannya dan berbagai keperluan lainnya seperti handuk, karena setiap hari Kamis menjelang Jumat saat sengsara Yesus dimulai hingga pada hari Minggu, Teresa akan mengalami keadaan ekstasi yang mengakibatkan tubuhnya bersimbah darah. Melihat fenomena ini, pemimpin Nazi yaitu Adolf Hitler pun terkesan segan kepada Teresa.

2. Kisah Stigmatis St Padre Pio dari Pietrelcina

Kisah Stigmatis St Padre Pio dari Pietrelcina

Peristiwa Stigmata pertama yang dialami Padre Pio terjadi di Pietrelcina sore hari 7 September 1911. Karena Ia takut Ia lalu menemui Monsigneur Salvatore Panullo, Pastor Paroki Pieltrecina untuk menolongnya dengan cara berdoa. Ajaibnya, luka-luka stigmata itu hilang.

Pada tanggal 5 Agustus 1918, Padre Pio mendapat penglihatan di mana ia merasa dirinya ditikam dengan sebilah tombak; sesudahnya luka akibat tikaman tombak itu tinggal pada tubuhnya. Kemudian pada tanggal 20 September 1918 saat ia sedang sendirian memanjatkan syukur sesudah perayaan Misa disebuah kapel tua ia menerima luka-luka di kedua kaki dan tangannya. Setiap hari Padre Pio kehilangan sekitar satu cangkir darah dan anehnya luka-luka itu tidak pernah menutup ataupun bertambah parah. Keanehan semakin bertambah bukannya bau darah melainkan bau harum yang semerbak terpancar dari luka-luka stigmatanya.

3. Marie Rose Ferron, 1936


Seorang wanita yang dilahirkan pada 1902, bernama Marie Rose Ferron mendapat penglihatan Tuhan Yesus kecil di usia 6 tahun. Iapun dibesarkan secara religius dan pengalaman yang semakin nyata. Hingga usianya mencapai 22 tahun, ia dikabarkan tidak pernah makan makanan padat dan hanya bertahan dengan mengonsumsi makanan cair.

Di usia 26 tahun kemudian ia mendapati tanda-tanda stigmata pada tubuhnya. Di telapak tangan, pergelangan kaki, dada, di bahu serta di kepala. Darah juga keluar dari mata dan mulutnya. Anehnya, luka-luka tersebut hanya muncul di hari Jumat dan menghilang di hari Sabtu. Saat ia meninggal, lebih dari 15 ribu orang datang menyaksikan pemakamannya di tahun 1936. 

4. St. Gemma Galgani 1903

Kejadian Aneh Stigmata

Lahir di Carnigliano, Italia dengan nama Maria Gemma Umberta Pia Galgani, Gemma dilaporkan mengalami stigmata pada usia 21 tahun. Kabarnya secara misterius ia mengalami luka di telapak tangan, pergelangan kaki, dada dan luka di kepala seperti mahkota duri. Darah selalu mengalir keluar dari luka tersebut setiap Kamis malam pukul 11.00 hingga Jumat sore pukul 03.00. Awalnya ia selalu menyembunyikan luka dan sakit yang dirasakannya. Namun, kemudian ia mengaku pada gereja.

Sepanjang hidupnya kemudian ia habiskan dengan berdoa dan menerima luka tersebut. Sayangnya, kemudian ia menutup mata di tahun 1903 karena penyakit Tubercolosis. 

5. St Fransiskus dari Assisi, Stigmatis pertama yang dinyatakan sah (1181-1226). 


Pada bulan Agustus tahun 1224 St Fransiskus dan beberapa biarawan lainnya mengadakan perjalanan ke Mount Alvernia di Umbria, dekat Assisi untuk berdoa. Di sana, St Fransiskus memohon untuk diperkenankan ikut ambil bagian dalam sengsara Kristus. Pada Pesta Salib Suci 14 September 1224, St Fransiskus mendapat penglihatan ia dipeluk oleh Yesus yang tersalib. Sengsara dari Jumat Agung yang pertama tercurah atas dirinya, dan ia menerima stigmata.

St Fransiskus berusaha menyembunyikan tanda karunia ilahi ini dari yang lainnya, dengan membalut kedua tangannya dengan jubahnya dan mengenakan sepatu serta kaus kaki (yang tidak biasa ia lakukan). Lama-kelamaan, rekan-rekan biarawan memperhatikan perubahan dalam cara berpakaian St Fransiskus dan juga sengsara fisiknya, maka terungkaplah rahasia stigmatanya. Pada akhirnya, atas nasehat para rekan biarawan, St Fransiskus mulai membiarkan stigmatanya terlihat orang lain.

6. Enza Milano, 1970

Berawal di tahun 1970, di sebuah kota kecil bernama Termini Irnerese, Sicilia. Dua tahun sejak kematian pendeta Padre Pio, yang mengalami stigmata, seorang wanita berusia 32 tahun mengaku mendapat kunjungan dari roh Padre Pio. Dalam mimpinya, Enza Milano mengaku telah ditusuk di kedua telapak tangan, kaki, dan dada dengan menggunakan pisau yang berkilau.

Secara misterius kemudian luka-luka tersebut benar-benar muncul pada tubuh seperti di dalam mimpi. Ia kemudian memeriksakan diri ke dokter dan meminta perawatan darinya. Dokterpun menutup luka dengan perban. Dan keesokan harinya, saat perban tersebut dibuka, luka tersebut justru tidak sembuh dan semakin parah. Tidak diceritakan kembali bagaimana nasib Enza Milano setelah itu. 

7. St Katarina dari Sienna (1347-1380) 


St Katarina dianugerahi pengalaman-pengalaman mistik dan penglihatan-penglihatan sejak ia masih berusia enam tahun, juga dianugerahi stigmata. Pada bulan Februari 1375, ketika mengunjungi Pisa, ia ikut ambil bagian dalam Misa di Gereja St Kristina. Setelah menyambut Komuni Kudus, ia tenggelam dalam meditasi mendalam, sementara matanya menatap lekat pada salib.

Sekonyong-konyong, dari salib datanglah lima berkas sinar berwarna merah darah yang menembusi kedua tangan, kaki dan lambungnya, mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa hebat hingga ia jatuh tak sadarkan diri. St Katarina dari Sienna menerima stigmata, yang hanya tampak olehnya saja, hingga sesudah akhir hayatnya.

8. Mary Ellen Lukas, 1954

Misteri Stigmata, Tanda Luka Salib Yesus

Mary Ellen Lukas adalah wanita yang dilaporkan belakangan ini mendapat luka stigmata. Kabarnya ia masih hidup hingga tahun ini. Selama bertahun-tahun lamanya, ia menyimpan cerita stigmata ini dari media dan berusaha menyimpannya demi nama gereja. Ia tak pernah menunjukkan jati dirinya dan bagaimana luka tersebut didapat kepada media.

Namun kemudian ia berkeliling negara dan memberikan kesaksian di gereja-gereja. Dan menceritakan bagaimana pengalaman stigmata yang dialaminya. Sama seperti wanita lain yang mengalami stigmata, darah keluar dari telapak tangan, pergelangan kaki, serta dahi. Dan darah serta luka tersebut semakin parah saat Jumat Agung atau ia menyebutkan kata Ekaristi. Ia sama sekali tidak mengijinkan media mengambil foto lukanya, sehingga ia selalu bepergian dengan menggunakan sarung tangan hitam untuk menyembunyikan luka tersebut.

Sebenarnya masih ada lagi orang yang mengalami Misteri Stigmata, Tanda Luka Salib Yesus selain ke 8 orang stigmatis diatas.
Source
annunaki.me_Misteri Stigmata
yesaya.indocell.net_Apa itu Stigmata?  
vemale.com_5 Wanita Yang Pernah Mengalami Stigmata
katolisitas-indonesia.blogspot.com_Riwayat Singkat Hidup Teresa Neumann