Tips Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2015

Tips Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2015 - Kata-kata "Ujian Nasional" merupakan salah satu kata-kata yang mungkin sangat menakutkan bagi siswa-siswi yang akan mengikuti ujian nasional. Ujian nasional dilakukan oleh setiap satuan pendidikan secara nasional yaitu sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK baik negeri maupun swasta.

Inget waktu ane masih sekolah dulu, ketika saat-saat menjelang ujian nasional segala persiapan baik dari fisik, pikiran maupun mental harus bener-bener matang dan harus bener-bener siap untuk menghadapinya, dan hal tersebut di atas merupakan hal yang sangat penting saat kita menghadapi ujian nasional.

tips menghadapi ujian semester, ujian nasional, 10 tips menghadapi ujian, akhir semester, ujian sekolah
Tips Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2015

Apa tujuan kita untuk mempersiapkan fisik, pikiran, dan mental itu penting?? alasannya sederhana, yaitu agar hasil ujian nasional bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan membanggakan. Oleh karena itu, berikut beberapa tips ketika kita menghadapi Ujian Nasional Tahun 2015.

Tips Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2015


Persiapan Yang Mantap
Persiapkan berbagai macam alat tulis dari yang terkecil hingga yang penting banget sebelum memasuki ruang ujian, karena ini akan membantu sahabat-sahabat untuk tetap berkonsentrasi pada soal-soal ujian nasional. Sehingga ketika sedang mengerjakan soal-soal ujian nasional tidak terganggu.

Harus Tetap Percaya Diri dan Tenang
Yakinkan dalam hati, bahwa sahabat pasti bisa megerjakan soal-soal ujian nasional dengan baik. Karena rasa percaya diri merupakan salah satu point penting dalam menghadapi ujian nasional, sehingga dengan percaya diri otak kita akan tetap berkonsentrasi. Caranya dengan mensugesti pikiran kita bahwa "ujian nasional itu mudah dan pasti saya bisa".

Perhatikan, Pahami, dan Cermati Terus Kerjakan
Tips Menghadapi Ujian Nasional yang satu ini sangat begitu penting, luangkan waktu shobat sekitar 10 % dari seluruh jumlah waktu yang disediakan untuk membaca dan mencermati soal-soal ujian nasional, dan kerjakan soal ujian yang menurut shobat mudah, jangan terlalu memikirkan ke soal-soal yang menurut shobat sulit. Setelah soal yang mudah sudah di kerjakan semua baru shobat kerjakan soal yang sulit.

Berhati-hati dalam mengisi LJK UN
Ketika shobat mulai mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) Ujian Nasional hal yang harus di hindari adalah LJK harus di tempat yang kering dengan alas yang rata dan halus, gunakan alas untuk mengerjakan soal-soal ujian. Dan jangan sampai LJK kotor atau rusak, karena ini akan membuat mesin scanner tidak mendeteksi apa yang sudah shobat jawab, dan hal ini tentunya sangat fatal.

Periksa Ulang Pekerjaan Shobat
Luangkan waktu 10% dari sisa waktu yang disediakan untuk memeriksa kembali pekerjaan yang sudah shobat lakukan. Hindari keinginan shobat untuk cepat-cepat keluar dari ruang ujian nasional. Periksa kembali, dan yakinkan bahwa shobat sudah menjawab semua soal-soal tersebut.

Awali dan Akhiri Dengan Do`a
Setiap shobat mau melakukan kebaikan awali dengan berdoa dan akhiri dengan berdoa kepada Tuhan, dan berharap agar diberikan yang terbaik dan hasil yang memuaskan, namun manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, tapi yang menentukan hanyalah Dia. Tetap semangat apabila gagal, karena Ujian Nasional bukanlah akhir dari segalanya.

Itulah beberapa Tips Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2015 dari ane, semoga bermanfaat dan semoga sukses dan lulus buat sahabat-sahabat yang mau menghadapi ujian nasional. Terima kasih