Perangkat Komputer dan Fungsinya

Perangkat Komputer dan Fungsinya – Pada dasarnya, perangkat adalah alat yang digunakan untuk bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing yang bertujuan mencapai suatu hasil tertentu. perangkat komputer sendiri merupakan sekumpulan alat lengkap yang disatukan menjadi sebuah struktur komputer.

Perangkatkomputer kian pesat perkembangannya mengikuti alur perkembangan teknologi masa kini. Beberapa perangkat komputer dasar coba untuk dimodifikasi menjadi perangkat komputer yang bersifat powerfull dan canggih.
perangkat komputer

Dalam hal ini, perkembangan akan perangkat komputer memang tak perlu diragukan lagi. Pembagian perangkat komputer yang ada dalam masyarakat saat ini ada tiga, yaitu input device, processing device dan output device. Berikut adalah penjelasan perangkat komputer dan fungsinya.

Input Device

Adalah perangkat yang memberikan input data ke komputer kemudian diolah sedemikian rupa untuk menjalankan suatu perintah. Data-data yang diinput biasanya berupa data gambar, video, audio, teks database dan sebagainya.

Contoh: Keyboard, merupakan alat input untuk memasukkan perintah melalui tombol-tombol khusus.
Contoh lain: scanner, kamera, mouse, microphone, handycam dll

Processing Device

Adalah perangkat yang menerima input data dari input device yang kemudian dilaksanakan dalam program khusus.

Contoh: Mother board, merupakan alat pemroses yang berfungsi sebagai penghubung beberapa komponen komputer.
Contoh lain: SATA, floopy drive, hard disk drive, power supply, RAM dll

Output Device

Adalah perangkat yang memberikan efek dari proses di dalam perangkat pemroses. Biasanya output device berbentuk gambar, teks, audio, video dan sebagainya.

Contoh: Monitor, merupakan alat output yang digunakan untuk menampilkan data berupa tampilan visualisasi yang berisi segala aktivitas yang dilakukan oleh pengguna komputer.
Contoh lain: speaker, printer, headset dll

Ketiga hal di atas merupakan pembagian perangkat komputer secara garis besar. Bagi anda yang sedang belajar komputer sebaiknya pahami terlebih dahulu tiga kategori di atas sebelum melanjutkan belajar membuat dokumen atau yang  lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat penulis sampaikan mengenai perangkat komputer dan fungsinya. Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca setia. (Baca juga tentang: Mengenal Komponen Komputer dan Fungsinya)