10 Rumah Sakit Angker di Dunia yang Terkenal Berhantu

Apa yang terbayang dalam pikiran orang ketika berbicara tentang rumah sakit ataupun kuburan? Pasti rata-rata menjawab kedua tempat ini memang kurang menyenangkan. Kalau kuburan sudah pasti gak ada indah-indahnya hehehe. Tapi mungkin rumah sakit bisa jadi tempat menyenangkan ketika di siang hari bisa melihat dokter ganteng dan suster perawat yang cantik-cantik. Itu kan di siang hari kalau dimalam hari bagaimana? Terlebih saat kita sedang sendirian menjaga keluarga yang sedang rawat inap. Mungkin rumah sakit yang biasa kita jumpai masih terbilang layak dan nyaman untuk dikunjungi.

Namun, tak dapat dibayangkan seandainya kita berada di rumah sakit angker di dunia yang terkenal berhantu ini, bukan hanya cerita history menyeramkan tentang kasus-kasus pembunuhan, bunuh diri yang pernah terjadi di rumah sakit-rumah sakit ini pada jaman dahulunya tapi juga banyak kejadian-kejadian aneh seperti penampakan hantu, sosok misterius menakutkan yang sering bergentayangan di rumah sakit tersebut. Sahabat ngawicybers.blogspot.com biar gak bikin penasaran simak kisah seram 10 rumah sakit paling angker di dunia yang terkenal berhantu (*foto hanya imajinasi editan photoshop amatiran saya*)

1. Beechworth Lunatic Asylum, Victoria-Australia

Horor dan Seram banget itulah kalimat pertama yang terucap saat mengunjungi rumah sakit Beechworth Lunatic Asylum yang berada di kota Beechworth beberapa jam perjalanan dari jarak Melbourne, Australia. Pada awalnya rumah sakit ini bernama Mayday Hills Hospital dan dikenal orang sebagai rumah sakit umum. Lebih dari 128 tahun beroperasi menjalankan fungsinya sampai akhirnya terpaksa ditutup pada tahun 1995 karena kejahatan dalam rumah sakit ini terungkap.

Cerita menyeramkan yang beredar di masyarakat bahwa ada beberapa dokter gila yang menggunakan pasiennya sebagai bahan eskperimen dirumah sakit ini. 3000 pasien dinyatakan meninggal tanpa alasan yang jelas, padahal ketika menjalani rawat inap tidak dalam keadaan sekarat. Setelah rumah sakit ditutup kemudian beralih fungsi menjadi kampus La Trobe University. Namun sampai sekarang banyak kejadian aneh dan misterius yang sering terjadi ditempat ini.

10 Rumah Sakit Angker di Dunia yang Terkenal Berhantu

Penampakan hantu paling terkenal di rumah sakit Beechwort, yang pertama adalah Hantu Tommy Kennedy dimana semasa hidupnya ia bekerja di bagian dapur dan tewas terbunuh dengan banyak tusukan pisau di tubuhnya. Banyak saksi mata mengatakan melihat Arwah Tomy sering menangis meminta pertolongan untuk melepaskan pisau-pisau ditubuhnya. Penampakan misterius kedua adalah arwah wanita cantik yang sering duduk dibalkon pintu jendela. Diketahui bahwa ketika masih hidup wanita ini adalah seorang perokok berat dan saat pasien lain meminta rokoknya ia tidak mau memberikannya, akhirnya ia dilempar keluar dari jendela dan tewas seketika.

Karena wanita ini keturunan Yahudi tubuhnya tidak diizinkan pindah selama 2 hari sampai menunggu kedatangan sang Rabi, pemuka agamanya. Yang ketiga adalah sosok dokter gila yang sering menenteng kepala pasiennya di jalan lorong rumah sakit. Semasa hidupnya dokter gila ini sering melakukan percobaan aneh terhadap pasiennya, dimulai dari eksperimen obat-obatan  sampai mutilasi tubuh. Ia mati tertembak saat mencoba lari dari sergapan Polisi setelah aksi kejahatannya terungkap.
2. Rumah Sakit Jiwa Taunton State di Amerika Serikat


Tak kalah menyeramkan dengan cerita horor rumah sakit jiwa Taunton State yang berlokasi di Amerika Serikat. Legenda Hantu wanita Jane Toppan menjadi paling terkenal di tempat ini. Dikatakan bahwa Jane adalah seorang suster perawat sekaligus seorang pembunuh berantai psikopat semasa hidupnya. Ia telah membunuh 31 pasien pria  yang sedang sakit berat dan menjalani perawatan. Dengan cara memberikan obat bius, Jane memperkosa mereka setelah itu ia pun membunuhnya dengan memberikan suntik mati (eutanasia).

Meski ia telah lama dihukum mati, namun sampai sekarang arwahnya masih bergentayangan di area rumah sakit, sering mengejar pria sambil menenteng sebuah jarum suntik. Rumah sakit jiwa Taunton State ditutup pada tahun 1975 dan bukan akibat kasus pembunuhan psikopat Jane Toppan melainkan kasus lainnya yaitu beberapa dokter dan perawat tertangkap basah sedang melakukan ritual pemujaan setan dengan mengorbankan pasiennya sebagai tumbal.

3. Aradale Mental Hospital, Victoria Australia

Sahabat ngawicybers.blogspot.com mirip sekali nama rumah sakit ini dengan Beechworth Lunatic Asylum di atas (ternyata keduanya masih satu yayasan). Aradale Mental Hospital atau dikenal Ararat Lunatic Asylum berada di kota kecil Ararat di Negara Bagian Victoria, Australia. Rumah sakit jiwa yang dulunya terbesar di Australia sekarang terbengkalai, berumur ratusan tahun dan belasan ribu pasien dinyatakan meninggal secara aneh di sana.

Rumah Sakit Jiwa Aradale sudah dibuka sejak tahun 1865 dan resmi ditutup tahun 1998. Begitu besarnya tempat Rumah sakit jiwa ini bagaikan komplek perumahan, karena total memiliki sekitar 70 bangunan rumah untuk menampung pasien sakit jiwa, dokter dan para staf. Setiap tahun, Rumah Sakit Jiwa Aradale mampu menampung hingga 900 pasien yang mengalami gangguan kejiwaan. Tapi selama 130 tahun lebih, tercatat sudah 13.000 pasien yang meninggal sia-sia di sana karena menggunakan metode pengobatan yang mengerikan dan tidak lazim.

rumah sakit berhantu

Kini, Rumah Sakit Jiwa Aradale jadi bangunan bersejarah yang dirawat oleh pemerintah setempat dan dijadikan sebagai Aradale Ghost Tours, tur wisata mistis mengelilingi rumah sakit jiwa tersebut di malam hari setelah pukul 20.00 waktu setempat selama 2 jam. Traveler akan dipandu untuk menjelajahi ke berbagai ruangan, dari kamar pasien, dapur, kapel, ruang operasi sampai kamar mayat. Para pemandu juga akan menceritakan aneka kisah-kisah pasien di sana. Anda pun diizinkan berfoto-foto di dalam rumah sakit jiwanya.

Bila anda belum puas dapat meminta paket khusus seperti tayangan uji nyali di Indonesia. Anda akan diajak berburu hantu dengan kamera khusus, termometer, pencahayaan inframerah, mikrofon dan alat sensor gerak. Peralatan tersebut akan membuktikan aktivitas-aktivitas hantu di sana. Kisah mistis yang terkenal di sini adalah hantu perawat Kerry. Konon, hantu ini sering menampakan diri kepada traveler dengan wujud perawat perempuan memakai seragam putih. Suhu yang lembab dan pencahayaan yang kurang terang di dalam rumah sakit jiwanya membuat suasana lebih angker dan mencekam.

4. Sai Ying Pun Psychiatry Hospital di Hongkong, Cina


Rumah sakit berhantu Sai Ying Pun Psychiatry ini berlokasi di China, tepatnya di Sai Ying Pun, Hong Kong. Didirikan pada tahun 1892 sebagai tempat asrama bagi para staf dan suster perawat yang bertugas di sana. Namun ketika terjadi Perang Dunia ke II pasukan Jepang mengambil alih dan menjadikan rumah sakit ini sebagai tempat eksekusi tawanan perang. Pada tahun 1947 sampai dengan tahun 1961 gedung ini berubah fungsi menjadi rumah sakit jiwa, kemudian berubah fungsi lagi menjadi pusat fasilitas psikiatris hingga akhirnya ditutup pada tahun 1971.

Bekas bangunan rumah sakit yang saat ini hanya menjadi salah satu situs sejarah di kawasan Sai Ying Pun ini kemudian dikenal sebagai tempat angker. Banyak kesaksian dari masyarakat sekitar yang melaporkan penampakan hantu-hantu tanpa kepala yang mati dipenggal dan terlihat bergentayangan di lorong-lorong rumah sakit, arwah pria berwajah seram di lantai dua yang tewas terbakar, hingga suara-suara langkah kaki dan suara tangisan perempuan yang sering terdengar di tempat ini.

5. Athens Mental - Amerika Serikat


Rumah sakit  Athena ini didirikan pada 9 Januari 1874, awalnya berfungsi sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kepada pasien veteran Perang, anak-anak dan penjahat kejam yang menderita berbagai cacat mental. Namun setelah berkembang dan semakin terkenal dengan lebih dari 1.800 pasien per minggunya. Pada tahun 1950 an ada kasus mengejutkan yang baru terungkap dengan ditemukannya catatan dokumentasi mantan karyawan rumah sakit tersebut baik dokter, staff maupun para perawat. Yaitu rumah sakit ini menggunakan prosedur pengobatan dalam memperlakukan pasien yang sangat tidak manusiawi seperti hidroterapi, terapi kejut listrik, lobotom dan penggunaan obat-obatan psikotropika.

Itulah juga sebabnya mengapa rumah sakit ini selalu merahasiakan dengan ketat identitas semua pasiennya. Kengerian tidak berhenti disitu saja, ketika rumah sakit ini ditutup ditemukan 1900 mayat manusia dibawah dasar bangunan. Dan pada kamar bangsal telihat banyak noda darah berceceran dilantai dari seorang pasien wanita yang setahun sebelumnya dinyatakan hilang oleh rumah sakit tersebut. Bekas noda darah itu sampai kini masih terus membekas, dan banyak saksi mata yang mengatakan sering mendengar jeritan menyayat seorang wanita yang meminta pertolongan ketika di malam hari.
6. Rumah Sakit Paling Angker di Severall, Inggris


Ternyata bukan hanya rumah sakit jiwa Ararat Lunatic yang terkenal dengan metode pengobatan yang aneh dan tak lazim. Rumah sakit Severall yang berlokasi di Inggris ini juga memiliki pengobatan 11 12 alias mirip metode mengerikannya seperti penggunaan lobotomi frontal dan terapi setrum dengan bangku listrik. Kerap malam disetiap malam Jum'at bekas rumah sakit ini sering terdengar teriakan menyayat hati seperti orang yang sedang menjalani penyiksaan. Banyak sekali para pemburu hantu berdatangan ke tempat ini sebagai ajang uji nyali.

7. Nocton Hall, Inggris


Sebenarnya tempat ini bukanlah rumah sakit hanya sebuah rumah mewah yang berukuran sangat besar luasnya. Namun ketika perang dunia ke II meletus tempat ini diambil ahli oleh tentara militer Amerika sebagai tempat perawatan bagi personil pasukan yang terluka dan setelah perang teluk berakhir pada 1995 tempat ini pun ditinggalkan.

Cerita hantu paling terkenal di tempat ini adalah suara misterius tangisan perempuan yang memanggil orang yang sedang lewat, bagi yang 'beruntung' dapat melihat sosoknya dikatakan perempuan misterius ini dalam keadaan duduk sambil menatap dengan wajahnya yang rata dan matanya bolong sebelah. Diyakini menurut cerita penduduk setempat bahwa hantu perempuan ini dulunya semasa hidup adalah seorang pelayan yang bekerja di rumah megah tersebut. Namun sang anak majikannya telah memperkosa dan membunuh dirinya.

8. Tranquille Sanatorium di Kanada


Terletak 500 meter dari lokasi danau Kamloops, Rumah sakit Tranquille Sanatorium awalnya digunakan khusus bagi para penderita penyakit TBC pada tahun 1907. Entah kenapa sebabnya alasan rumah sakit ini ditutup pada tahun 1950. Yang pasti semenjak terbengkalai dan tak diurus banyak kejadian-kejadian aneh ditempat ini. Seperti banyak saksi mata yang mengatakan bahwa telah melihat sosok manusia kecil seperti kurcaci bertelinga panjang bergelantungan dipohon besar tepat disebelah pintu masuk sambil tertawa meringkik seperti keledai. Selain itu penampakan bola api yang terbang juga sering terjadi di tempat ini.

9. Royal Hope Hospital di Amerika Serikat


Rumah sakit Royal Hope berada di jalanan strategis Santa Agustine, Florida. Tempat ini dikenal sebagai rumah sakit militer dan sudah digunakan sejak tahun 1784 dan ditutup pada tahun 1821. Sempat dihancurkan bangunan rumah sakit ini namun diadakan pembangunan kembali untuk rumah sakit baru yang berbeda yayasan. Ketika para kuli bangunan sedang melakukan pemugaran ternyata bangunan pondasi rumah sakit ini terletak diatas kuburan tua yang jumlahnya mencapai ratusan. Itulah sebabnya ketika malam hari para pekerja yang menginap ditempat ini sering diganggu makhluk halus dan beberapa diantaranya mengalami kesurupan.

Bahkan sampai kini ketika rumah sakit baru telah resmi berdiri banyak dokter atau perawat yang sering mengalami gangguan aneh dan ganjil seperti peralatan-peralatan medis yang sering jatuh sendiri dan alat pacu jantung yang menyala sendiri padahal tak ada orang lain ditempat tersebut selain dokter dan suster yang sedang apel siaga malam. 

10. Rumah sakit berhantu Changi Tua di Singapura

Bagi warga asli Australia siapa yang tak pernah mendengar kisah menyeramkan dari rumah sakit berhantu Changi Tua-tua keladi ini. Diresmikan pendiriannya sejak tahun 1935 dan pernah menjadi Kamp penjara sampai ruang penyiksaan oleh tentara jepang ketika di jaman penjajahan. Tidak diketahui pasti kapan rumah sakit ini ditutup, namun bangunannya yang sampai kini terbengkalai seakan menjadi sarang dedemit atau hantu. Banyak peristiwa aneh yang sering terjadi ditempat ini terutama bagi para pengendara kendaraan bermotor. Kisah seram paling terkenal ditempat ini adalah teror hantu kepala wanita berleher panjang tanpa memiliki tubuh.

Rumah Sakit Paling Angker di Dunia

Dikatakan bahwa ketika melintasi tempat ini sendirian pada malam hari, sering  mesin mobil atau motor tiba-tiba mogok sendiri dan selanjutnya anda sudah dapat menebak apa yang akan terjadi pada orang tersebut? Sahabat ngawicybers.blogspot.com semoga artikel 10 rumah sakit paling angker di dunia yang terkenal berhantu yang saya berikan tepat di malam Jum'at ini tidak membuat anda tidur ketakutan. Anggap saja hanya sebuah cerita hiburan, tapi coba tengok ke dapur atau ruang tamu anda. Siapa tahu ada tamu yang Tak DIUNDANG !!