Ternyata Air Dingin tidak Membuat Perut Buncit


air dingin
Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang menarik dan memang banyak orang yang sedang berdiet mempertanyakannya. Banyak yang berpendapat bahwa lemak bisa membeku kalau kita banyak mengkonsumsi air es.
Hal ini biasanya di dasarkan pada penglihatan kita, ketika melihat makanan yang berlemak di simpan didalam kulkas dan lemaknya menggumpal. Oleh karena itu, informasi ini menyebar tanpa ada keterangan yang memadai.
Namun yang perlu di tegaskan disini, siapa saja yang percaya bahwa air es bisa membekukan lemak, maka ia tidak bisa membedakan antara perut manusia dengan kulkas. Es batu yang di letakkan di suhu normal saja, akan meleleh. Jadi rasanya tidak mungkin kalau sebongkah es batu yang tidak bisa membuat dirinya tetap membeku bisa membekukan zat lain?
Lalu, pertanyaannya apakah air es/dingin yang kita masukkan dalam tubuh yang memiliki suhu 37 C (lebih panas dari suhu ruangan) bisa membekukan lemak??
Selain itu, mari kita lihat dari sudut pandang ilmiahnya, saat kita minum air es, dan setelah itu buang air kecil.. Apakah urine kita dingin? Atau menjadi hangat? Tentu saja urine kita akan berubah menjadi hangat, itu berarti tubuh kita akan menghangatkan air dingin yang masuk, dan tidak mungkin bisa membekukan lemak.
Mari kita lihat ke penalaran berikut.
  1. Air es anggap saja suhunya adalah 0C
  2. Kemudian suhu tubuh kita adalah 37C
  3. Kita membutuhkan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1 gram air sebesar 1C
  4. Sebagai contoh kita minum 400 gr air
  5. Kemudian kita meminum air itu, maka otomatis tubuh kan meningkatkan suhu air itu dari 0C menjadi 37C, yang artinya membutuhkan pembakaran kalori sebesar 14,800 kalori. Atau setara dengan 14.8 Kalori yang kita kenal.
Itu artinya kalau kita minum air es sebanyak 2000ml, maka kita akan membakar sekitar 74 Kalori. (Kalori sama dengan tusen kalori). Dalam 1 hari memang tidak kelihatan 74 Kalori, tapi dalam 1 bulan berarti bisa membakar 2000 Kalori .
Namun, tentu saja menurunkan berat badan tidak bisa tergantung pada minum air es saja, tetapi tetap di butuhkan diet yang sehat dan olahraga yang rutin. Namun paling tidak, setelah ini Anda mengerti bahwa sebenarnya minum air es itu tidak menggemukan badan!