Hati-hati Tidur dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik

Hati-hati Tidur dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik - Hampir setiap malam seluruh manusia tidur. Karena tidur merupakan kebutuhan hidup. Dengan tidur yang baik dan teratur, metabolisme dalam tubuh kita ditata kembali. Bahkan kita semua juga atau tubuh kita memiliki kesempatan untuk meregenerasi atau mengganti atau memperbaharui sel-sel tubuh kita yang sudah mati.

Nah tahukah sahabat Blog Kang Hamzah, bagaimana cara agar kita mendapatkan tidur yang baik sekaligus berkualitas? Baik, salah satu cara tidur berkualitas lagi baik adalah yaitu dengan mematikan lampu kamar di waktu saat kita tidur normal, sekitar mulai pukul 9 malam hingga pukul 8 pagi. Ini demi mendapatkan hormon melatonin secara maksimal bagi tubuh kita.

Hati-hati Tidur dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik
Orang yang sedang nonton tv sampai tertidur

Hati-hati Tidur dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik


Ada yang tahu mungkin, apa itu hormon melatonin? Ya, hormon melatonin yaitu zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap dan berfungsi mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur.

Menurut para ahli kesehatan, kadar hormon melatonin paling tinggi ditemukan menjelang pagi sekitar pukul 02.00 s.d. pukul 04.00 dan paling rendah di sore hari. Ini juga menjawab pertanyaan tentang kenapa orang kalau semakin bertambah usia atau tua semakin sedikit tidurnya, ini karena secara alami, produksi hormon yang dalam hal ini adalah hormon melatonin, akan mengalami penurunan, hal ini sejalan dengan bertambahnya usia atau umur manusia itu sendiri.

Biasanya, hormon ini akan mengalami penurunan yang sangat cepat terjadi sekitar usia 40 tahun, sehingga dengan menurunnya hormon melatonin ini kualitas tidurpun akan menurun dan sering berefek pada kesulitan susah tidur (Insomnia).

Adapun manfaat lain dari hormon melatonin ini adalah sebagai antioksidan yang larut dalam lemak dan air, membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan serta meningkatkan imun tubuh sehingga menimbulkan relaksasi otot. Jadi, menurut ane sebaiknya ketika tidur lampu dimatikan agar bisa memaksimalkan produksi hormon melatonin.

Walaupun demikian, ada sebagian orang dan banyak mungkin yang tidak dapat tidur pada kondisi gelap dan bahkan merasa tidak nyaman kalau lampunya dipadamkan. Namun jika kita melihat manfaat atau dampaknya atau efeknya, hal ini perlu diperhatikan juga. Antara lain dengan tidak tidur di bawah pencahayaan langsung (dari lampu kamar), terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Matikan TV dan Musik Anda Sekarang !! Banyak kebiasaan kita sehari-hari seperti kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik, atau menonton televisi sampai tertidur, atau membiarkan lampu di ruangan menyala terang, memang sulit untuk dihilangkan hal semacam itu dan menurut sebagian orang dengan kondisi seperti itu membuat mereka lama kelamanaan menjadi cepat tertidur. Tetapi, faktanya setelah mereka terbangun dari tidurnya, mereka tidak merasa nyaman melainkan mereka merasa lebih tegang (stress). Bahkan sampai ada sebagian mereka yang merasa seperti beristirhat atau tidak tidur semalaman. Benarkah?? Kita simak penjelasannya berikut ini shobt.

Jadi, penjelasannya yaitu pada saat shobat tidur sebenarnya jantung dan otak, bahkan sistem organ yang lain yang ada di dalam tubuh kita itu sebenarnya tidak pernah tidur, tetapi terus bekerja. Lebih-lebih yaitu pada otak, otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat kita bangun melakukan aktifitas, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh.

Ketika hari sudah mulai gelap alias malam, dan aktivitas tubuhpun tentu menurun, sehingga ritme gelombang otak pun akan mengalami penurunan juga. Tetapi, apabila kita tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita.

Nah, gelombang audio visual yang dihasilkan oleh musik atau televisi tadi diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Kemudian, gelombang audio visual tersebut akan diteruskan ke otak. Sehingga, otak kita yang harusnya beristirahat atau merefresh akan kembali terangsang untuk melakukan respon terhadap gelombang tadi, sehingga otak akan bekerja dan mengolah informasi yang masuk ke dalam otak kita.

Makanya sahabat Ngawi Cyberharus berhati-hati, dan apabila hal ini terus menerus setiap tidur kita setiap malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh bagian luar, tetapi tidak menurut otak dan organ tubuh bagian dalam lainnya. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. Jadi jangan biarkan otak kita kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari otak juga akan diperas oleh kegiatan rutin kita.

So, berhentilah kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik seperti yang di atas. Sayangi dan jaga serta cintailah otak kita, sayangi tubuh kita sendiri, kalau bukan diri kita yang menjaga siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi. HEALTHY IS VERY EXPENSIVE !!. Tetap berhati-hati tidur dengan TV menyala atau sambil mendengarkan musik. Terima kasih semoga bermanfaat.