Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya - Kita pasti mengalami yang namanya Sariawan, bahkan hampir semua orang juga pernah merasakannya. Sariawan atau istilah dalam bahasa kedokterannya yaitu Stomatitis aphtosa adalah salah satu penyakit yang terjadi di mulut yang mengakibatkan orang akan merasakan tidak nafsu makan, bahkan tidak enak bicara hingga dapat mengakibatkan tubuh demam pada awal penyakit sariawan itu muncul.

Sekilas kelihatannya penyakit sariawan ini terlihat biasa-biasa saja, namun dapat sangat mengganggu bagi kita sebagai penderita. Mengapa sariawan ini terjadi? Penyakit sariawan ini disebabkan karena adanya luka pada selaput lendir yang ada di dalam mulut yang berwarna kekuningan atau putih pucat. Akibatanya ialah rasa sakit dan perih di sekitar luka tersebut, dan hal ini dapat berlangsung selama 4 hari sampai 10 hari.

Penyebab Sariawan


Memang benar bagi kebanyakan orang mengetahui bahwa penyebab sariawan adalah kurangnya kandungan vitamin C dalam tubuh. Namun penyebab sariawan dapat juga terjadi oleh hal-hal berikut, seperti :
  • Luka saat menyikat gigi. Sebaiknya berhati-hatilah ketika menyikat gigi, perhatikan kondisi sikat gigi apabila bulu sikat sudah mulai rusak cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Alergi makanan asam atau pedas. Terlalu sering memakan makanan yang pedas terkadang dapat mengakibatkan luka pada mulut atau radang, sehingga hal ini juga akan berpotensi sariawan.
  • Luka dikarenakan tergigit. Terkadang terjadi ketika makan. Untuk itu saat makan untuk tidak terburu-buru agar terhindar dari sariawan.
  • Sariawan juga dapat diakibatkan oleh virus atau bakteri ketika kondisi kekebalan tubuh atau imun kita sedang menurun.
  • Kebersihan mulut tidak dijaga. Jarang membersihkan mulut mengakibatkan kuman dapat berkembangbiak di mulut sehingga dapat memicu terjadinya sariawan.
  • Akibat kawat gigi. Pemasangan kawat gigi yang salah juga dapat menyebabkan penyakit sariawan, hal ini dikarenakan adanya pemasangan kawat gigi yang tidak benar dapat menimbulkan luka pada rongga mulut.
  • Selain itu sariawan juga bisa dikarenakan alergi terhadap obat-obatan tertentu.

Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya
Jeruk merupakan salah satu buah untuk menambah Vitamin C

Tahu gak Shobt, sebenarnya penyakit sariawan ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa shobat-shobat kasih obat, yaitu sekitar 4 sampai 10 hari. Nah, apabila lebih dari itu maka perlu berhati-hati juga, karena dikhawatirkan tanda awal terjadinya kanker mulut. Oleh karenanya apabila terjadi seperti itu segera untuk memeriksakan diri ke dokter.

Adapun cara mengobati sariawan itu sendiri terkadang lebih kepada mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya dan juga dengan mempercepat pengeringan luka. Apa yang harus kita lakukan? yang harus kita lakukan adalah dengan mengurangi makan makanan yang panas atau pedas, juga dapat berkumur dengan air hangat shobt. Selain itu perbanyak konsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti jambu biji, tomat, jeruk dan buah-buahan lain yang mengandung banyak vitamin C. Mengapa? karena vitamin C dapat mempercepat penyembuhan penyakit sariawan.

Atau dengan berkumur menggunakan obat kumur agar luka dapat cepat mengering saat sariawan juga bisa shobt. Nah, fungsi obat kumur yaitu sebagai anti mikroba yang mana dapat membersihkan seluruh rongga di mulut dan membuat nafas kita segar.

Selain itu ada banyak bahan makanan yang juga dapat kita jadikan obat untuk mengatasi sariawan seperti minum air kelapa, memakan daun jambu biji lalu berkumur, konsumsi buah pisang dan buah papaya, mengoleskan madu ke luka sariawan, dan minyak kelapa.

Tidak hanya bahan makanan saja yang dapat kita jadikan obat untuk mengatasi sariawan shobt, bahan yang kaya akan mineral yang baik juga dapat kita jadikan obat untuk mengatasi penyakit sariawan seperti brokoli, biji wijen, telur, serta makanan yang kaya akan vitamin B, zat besi juga asam folat. Yogurt juga dapat membantu mengontrol berkembangbiaknya bakteri di mulut.

Sekian postingan ane shobt. Semoga apa yang ane sampein bisa bermanfaat buat shobat-shobat semua. Terima kasih.