Mengapa Aplikasi yang Saya Cari Tidak Ada di Google Play Store?

ngawicybers.blogspot.com – Pernahkan Anda mengalami situasi dimana tidak bisa menemukan aplikasi di Google Play Store? Kemana aplikasi yang dicari, apakah “hilang,” apakah di-delete, apakah sudah ditendang, atau mengapa kita tidak bisa menemukan aplikasi atau game terpilih di Google Play Store?

Situasi tersebut pernah pula dirasakan oleh pengguna lain. Sebuah kondisi tidak menemukan aplikasi di Google Play Store padahal sudah memasukkan kata kunci yang tepat. Bahkan, nama aplikasi atau game-nya pun diinput ke kotak search dan tetap tidak bisa ditemukan. “What the hell is going on?” mungkin orang Amrik akan berujar itu.

Sedianya ada sejumlah penyebab mengapa kita tidak bisa menemukan, menjumpai, atau melihat aplikasi dan game terpilih yang sedang dicari di Google Play Store. Tidak ada, lenyap, hilang, atau apapun itu tentu saja memiliki alasan [Baca: Cara Mengubah Tampilan ASUS Zenfone 6 Seperti Android Lollipop].

Google Play
Ada lima alasan mengapa aplikasi yang kita cari tidak tersedia di Google Play Store.

Sejumlah alasan ini wajib dipahami agar kita tidak salah persepsi. Dan apa alasan mengapa kita tidak bisa mencari serta menemukan aplikasi tertentu di Google Play Store? Berikut lima diantaranya yang akan kami kupas satu demi satu.

Perangkat Tidak Kompatibel

Well jika sudah “tersandung” alasan ini sudah tidak bisa ditawar. Contoh kasus, dulu sekitar dua tahun yang lalu, Facebook melepas sejenis aplikasi launcher yang bernama Facebook Home. Aplikasi ini bisa mengubah tampilan “dalaman” Android dengan full user experience Facebook. Tentu saja saya terpikat, tapi apa lacur, mencari sampai lebaran monyet di Google Play Store tidak ditemukan.

Tidak pantang menyerah, saya cari di Google Play Store versi web. Hore, Facebook Home ditemukan. Tapi – kembali – apa lacur, tertulis teks yang berbunyi, “aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Anda.” Owalah jadi ini sebabnya. Dari kasus ini saya sadar jika satu alasan mengapa aplikasi terpilih tidak ditemukan di Google Play Store karena tidak kompatibel dengan perangkat.

Patut diketahui jika launcher Facebook Home di awal kemunculannya memang hanya diepruntukkan untuk perangkat Android flagship saja. Galaxy S4, HTC One, dan sederet hp Android super mahal. Perangkat saya wakti itu Lenovo S880. Tentu aja 100% tidak mendukung [Baca: 10 Icon Pack Gratis untuk ASUS Launcher di Zenfone 6].

“Dalam Perjalanan”

Bisa jadi aplikasi Android yang Anda cari masih “dalam perjalanan.” Misalkan saja ada satu aplikasi yang baru saja dirilis namun di-roll out global bertahap. Kebetulan, waktu Anda cari aplikasi tersebut masih dilepas di wilayah Amerika Utara dan Eropa misalnya. Wilayah Asia termasuk Indonesia belakangan atau dalam beberapa pekan kemudian. Inilah sebabnya aplikasi yang dicari tak nongol di Google Play Store.

Tidak Tersedia atau Tidak Dibuat untuk Wilayah Anda

Ada sejumlah aplikasi yang memang dibuat untuk wilayah tertentu. Sebut saja Facebook Lite yang dilepas Facebook untuk negara berkembang di Asia Selatan [Baca: Download Facebook Lite Apk Android, Aplikasi Facebook Super Ringan & Cepat]. Contoh lain yang paling mudah yakni Google Movies & TV. Di sejumlah perangkat aplikasi ini terinstal tapi tidak bisa diapa-apain. Masuk ke aplikasi tersebut pun akan menjumpai teks berbunyi, “aplikasi ini tidak tersedia di wilayah Anda.”

Contoh lainnya sebut saja aplikasi Hulu dan Netflix. Dua aplikasi video on demand ini juga belum bisa dinikmati di wilayah Indonesia. Google Play Movies & TV bisa mewakili alasan aplikasi tidak tersedia di wilayah Anda. Sedangkan Facebook Lite mewakili penyebab aplikasi tidak dibuat di wilayah Anda. Terjawab sudah penyebab ketiga. Solusinya? [Baca: APK Mirror, Toko Aplikasi Android Gratis Alternatif Google Play Store].

"Ditendang" dari Google Play Store

Aplikasi yang “ditendang” dari Google Play Store biasanya melanggar kebijakan toko aplikasi tersebut. Entah bagaimana isi dari kebijakan itu yang jelas aplikasi tertentu sudah tidak dijumpai di Google Play Store.

Contoh kasus, adalah aplikasi penyingkir iklan AdWay [Baca: Cara Menghilangkan Iklan di ASUS Zenfone 6]. Dulunya aplikasi ini eksis di Google Play Store. Entah mengapa mendadak lenyap dan konon katanya ditendang admin Google Play Store. Kejam!

Memang Tidak Ada di Google Play Store

Dan penyebab terakhir mengapa aplikasi yang Anda cari tidak nongol di Google Play Store adalah bisa jadi aplikasi itu memang tidak ada atau memang dibuat untuk tidak ditampilkan, diinput, atau dipajang di Google Play Store. Contoh kasus, aplikasi download video Youtube, TubeMate [Baca: Cara Download Video Youtube di Zenfone 6 Mudah, Cepat, dan Tanpa Ribet]. Anda tidak akan bisa menemukannya di Google Play Store karena memang tidak diinput di toko aplikasi Android milik Google itu.

Contoh lainnya, aplikasi (modul) dari Xposed. Memang ada sejumlah modul yang ada di Google Play Store. Sebut saja xStana [Cara Mengubah Status Bar ASUS Zenfone 6 Seperti Android Lollipop], Flat Style Colored Bars [Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Menjadi Transparan], dan Flat Style Keyboard [Cara Mengubah Warna Keyboard ASUS Zenfone 6 Sesuai Warna Status Bar]. Aplikasi Xposed lain hanya ada di situs Xposed atau via forum XDA Developer.

Oke nampaknya terjawab sudah mengapa aplikasi yang Anda cari tidak bisa ditemukan di Google Play Store. Jika Anda memiliki alasan lainnya, silakan berbagi dengan kami di kolom komentar. Ohya, jika Anda mencari aplikasi situs ini juga gak bakal ditemukan di Google Play Store. Sebab, kami belum sempat (tepatnya tidak tahu bagaimana) menginputnya :)