Bandung Siapkan Batu Akik Biru untuk Delegasi KAA

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, sekarang ini tengah menyiapkan cinderamata untuk beberapa anggota Konferensi Asia Afrika (KAA). Satu diantaranya yaitu batu akik.

 " Iya kelak ada (cinderamata) batu akik. Satu buat kepala negaranya, satu buat istrinya, " kata RK, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Jumat (13/3/2015).

Walau belum memastikan type batu apa yang bakal diberikan, namun ia inginkan batu akiknya berwarna biru yang jadi ciri khas Kota Bandung. " Warnanya kemungkinan biru agar warna Bandung. Macamnya apa belum tahu. Pokoknya cari yang biru, " katanya.

Batu akik itu juga gagasannya bakal berupa cincin yang telah jadi. " Kelak ada tulisannya Bandung. Namun desainnya masih tetap saya orat-oret (didesain), " tuturnya RK.

Belum di ketahui pengrajin dari tempat mana yang bakal menghasilkan batu akik itu nanti. Terkecuali batu akik, bakal ada beragam souvenir lain yang bakal diberikan pada beberapa kepala negara atau peserta yang ada. Salah satunya ada batik Bandung, tempat buku, sampai surat spesial dari RK.

Cara tersebut dikerjakan supaya perhelatan KAA berikan rejeki untuk banyak pihak, satu diantaranya perajin batu akik. Sesaat untuk biaya pembelian batu akik serta cinderamata yang lain, menurut dia ada sponsor yang membiayainya.

 " Iya ini kan bagi-bagi rejeki. Batiknya ke siapa, batunya ke siapa. Intinya kan kebanggaan 10 th. sekali,