Cara Android Jadi Modem via USB Tethering

ngawicybers.blogspot.com – Bagaimana cara Android jadi modem? Android memiliki sejuta fungsi yang tidak disadari penggunanya, khususnya mereka user baru. Salah satunya, memungkinkan perangkat ini jadi modem.

Modem adalah perangkat yang menghubungkan perangkat lain ke dunia maya via koneksi internet. Dengan cara Android jadi modem, maka perangkat lain itu – umumnya PC – tidak harus membutuhkan lagi sebuah modem. Cukup Android jadi perangkat itu [Baca: Android One Evercoss, Nexian, Mito Bagus Mana?].

Sebuah modem biasanya dicolokkan ke komputer kemudian ada tahapan atau proses yang harus dilakukan. Misalkan saja, menginstal software, menyeting pengaturan, dan hal lain terkait itu. Tips cara Android jadi modem berikut tidak membutuhkan segudang tahapan itu. Cukup colok Android ke komputer, dan bimsalabim terhubung ke internet.

Cara Android Jadi Modem
Cara Android jadi modem dengan USB tethering.

Hanya itu saja dan komputer bisa terkoneksi ke jagat maya. Berselancar bisa mudah dilakukan, bisa unduh suka-suka, nonton streaming Youtube, chatting, main Facebook, dan hal lainnya. Tidak sukar mengaplikasikan cara Android jadi modem. Yang dibutuhkan hanya kabel USB yang tentu saja kita semua pemilik perangkat Android memilikinya [Baca: Cara Melihat Foto Instagram di Akun Private atau Terkunci Tanpa Follow].

Cara Android Jadi Modem

Berikut langkah-langkah sederhana untuk melakukan tips cara Android jadi modem. Tidak sukar dan sedianya sangat simple. Yakni:
  1. Colok kabel USB micro ke Android dan colok ke komputer.
  2. Buka “Setting” kemudian tap “More” lalu “Tethering.”
  3. Di opsi ini, pilih atau centang paling atas yakni “USB Tethering.”
  4. Tunggu sejenak hingga komputer merespon.
  5. Biasanya, akan muncul peringatan “turn on sharing” di komputer.
  6. Jika muncul, sebaiknya Anda pilih “no.”
  7. Nantinya, akan muncul ikon notif di pojok kanan bawah komputer yang menandakan jika proses thetering telah berhasil dilakukan.
  8. Coba buka peramban dan masuk ke situs apapun dan lihat hasilnya.
Biasanya, setelah opsi “USB Tethering” dipilih, secara otomatis Android sudah bisa jadi modem tanpa tetek bengek aturan lain. Mungkin di sejumlah komputer, beda OS misalnya, ada pengaturan tambahan. Kami mencobanya di Windows 8 tidak menjumpai proses setting lain dan langsung saja cara Android jadi modem bisa dilakukan dalam beberapa tahapan saja.

Cukup mudah dan simple dalam menerapkan tips serta trik ini. Tidak ribet, bahkan user Android baru pun bisa mempraktikkan bagaimana cara Android jadi modem bekerja. Selamat mencoba dan jika ada kesulitan, jangan ragu bertanya di kolom komentar [Baca: Cara Membuat, Memilih & Kustomisasi PIN BBM Cantik Sendiri Suka-suka].