Cara Menghidupkan & Mengaktifkan WiFi, Bluetooth, dan Flashlight Android Menggunakan Suara

ngawicybers.blogspot.com – Apakah ada cara mengaktifkan dan mematikan WiFi, Bluetooth, dan flashlight di Android menggunakan suara atau voice? Sangat mungkin dilakukan. Cukup bilang “Ok Google” kemudian diikuti perintah “turn on WiFi” maka otomatis WiFi perangkat akan aktif.

Ini juga berlaku untuk cara menghidupkan Bluetooth dan flashlight di perangkat Android. Dengan memakai perintah “Ok Google,” kita bisa melakukan itu via suara. Ya, Google App dimutakhirkan dengan sejumlah fitur terkini salah satunya toggle untuk mengaktifkan dan mematikan WiFi, flashlight, serta Bluetooth.

Perintah “Ok Google” adalah intruksi yang diberikan ke aplikasi Google Now, satu fitur di Google App – dulunya Search – untuk berinteraksi dengan asisten pribadi tatkala menanyakan sesuatu. Kita bisa ngobrol dengan Google laiknya orang berbincang namun hanya sebatas pertanyaan dan menerima jawaban atau melakukan apa yang diperintahkan.

Cara Menghidupkan & Mengaktifkan WiFi, Bluetooth, dan Flashlight Android Menggunakan Suara
Hidupin dan matiin WiFi di Android kini bisa pakai mulut.

Ini cukup berbeda dengan apa yang terjadi di Siri atau Cortana. Di keduanya, asisten pribadi lebih humanis dan bisa diajak interaksi dua arah. Jika kita bertanya sesuatu yang personal pun, keduanya bisa menjawab. Misalkan saja pertanyaan, “I love you,” atau “Who is your father.” Google Now, hadirkan jawaban berupa hasil pencarian di Google Search.

Lupakan sejenak soal ngobrol dengan asisten pribadi. Apapun kekurangannya, Google Now cukup bisa diandalkan sebagai asisten digital. Kembali soal toggle di fitur yang ditambahkan, setidaknya ada tiga perintah yang bisa kita input untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, atau menghidupkan dan mematikan.

Perintah Suara

Tiga perintah suara yang bisa dilayangkan ke Google Now yakni terkait fitur WiFi, Bluetooth, dan flashlight atau lampu flash di kamera belakang. Flashlight bisa dimanfaatkan sebagai lampu senter dalam kondisi kurang cahaya atau ketika PLN lagi byar pet. Perintah suara toggle tersebut yakni:
  • Menghidupkan WiFi: “turn on WiFi.”
  • Mematikan WiFi: “turn off WiFi.”
  • Menghidupkan Bluetooth: “turn on Bluetooth.”
  • Mematikan Bluetooth: “turn off Bluetooth.”
  • Menghidupkan flashlight: “turn on flashlight.”
  • Mematikan flashlight: “turn off flashlight.”
Cukup berucap perintah di atas, maka Anda bisa menghidupkan atau mematikan fitur WiFi, Bluetooth, dan flashlight. Cukup “pakai mulut” tidak perlu masuk setting atau menarik status bar untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Simple dan tidak ribet bukan?

Awali dengan “Ok Google”

Karena ini menggunakan fitur Google Now, maka awali dengan perintah “Ok Google” sebelum diikuti perintah “turn on” atau “turn off.” Perintah “Ok Google” bisa diakses di layar homescreen, di dalam aplikasi yang sedang berjalan, di dalam aplikasi Google Now, bahkan saat layar terkunci. Anda bisa mengaturnya di “Setting” pada opsi “Voive” di menu “Ok Google Detection” di aplikasi Google Now.

Demikian informasi dan tips cara mengaktifkan dan mematikan WiFi, Bluetooth, dan flashlight di Android menggunakan suara atau voice. Sangat tidak ribet dan untuk menjajal fitur ini Anda kudu mutakhirkan aplikasi Google App versi terkini. Unduh pada tautan berikut (via Google Play Store).

(Perangkat yang dipakai untuk tangkap gambar atau screenshot di atas adalah Android One Nexian Journey 1. Jika Anda berminat memilikinya, bisa membelinya online sekarang juga pada tautan ini. Dapatkan diskon dan promo spesial khusus hari ini di situs Lazada.co.id di produk Nexian Journey 1)