Cara Mengubah Warna Background App Drawer Google Now Launcher Menjadi Transparan

ngawicybers.blogspot.com – Cara mengubah warna background app drawer Google Now Launcher menjadi transparan cukup mudah. Yang diperlukan adalah menginstal satu aplikasi Android yang bernama Xposed GEL Settings [ROOT]. Bagaimana caranya?

Sesuai namanya, aplikasi ini membutuhkan dua syarat wajib. Pertama, perangkat Android wajib dalam kondisi root. Kedua, perangkat Android terinstal Xposed Frameworks dan modulnya yakni “Xposed GEL Settings [ROOT].” Tanpa keduanya warna background app drawer aplikasi Google Now Launcher tidak bisa diubah.

Bagi Anda yang baru mendengar aplikasi Google Now Launcher, adalah aplikasi launcher atau peluncur dari Google. Aplikasi ini bisa jadi alternatif bila user bosan dengan aplikasi launcher stock Android. Misalkan saja di perangkat Zenfone menggunakan ASUS Launcher. Ingin mencicipi Zenfone rasa Nexus atau Android One, instal saja Google Now Launcher.

Cara Mengubah Warna Background App Drawer Google Now Launcher Menjadi Transparan
Warna background app drawer Google Now Launcher bisa diubah menjadi transparan.

Namun celakanya, Google Now Launcher minim kustomisasi. Sangat sedikit pengaturan terkait user interface yang bisa diutak-atik. Misalkan saja mengubah ukuran ikon, mengubah font baik itu jenis atau besar kecilnya, atau menambahkan unread badges.

Terlebih, Google Now Launcher versi terkini jika dipadukan dengan Google App versi terbaru akan menampilkan app drawer bergaya Lollipop. App drawer akan ber-background warna putih seperti cards yang tidak bisa diutak-atik. Bagi yang demen dengan warna transparan tentu akan gigit jari. Untungnya, ada Xposed GEL Settings [ROOT].

Akan tetapi, Xposed GEL Settings [ROOT] bekerja di perangkat root. Pengguna non root semestinya – kembali – gigit jari. Bagi user root device tinggal menambahkan Xposed Framework dan modul tersebut. Sedikit pengaturan warna background app drawer bisa diubah menjadi transparan. Dan berikut langkah-langkahnya.

Pastikan perangkat Android Anda telah:
  • Di-root.
  • Terinstal Xposed Framework (unduh di sini).
  • Terinstal Xposed GEL Settings [ROOT] yang bisa diunduh di sini (via Google Play Store).
Cara mengubah warna background app drawer Google Now Launcher:
  1. Buka aplikasi Xposed masuk “Framework” ke lalu tap “Install/Updates” dan perangkat akan reboot.
  2. Setelah menyala buka kembali aplikasi Xposed dan masuk ke “Module.”
  3. Di menu Module, centang “Xposed GEL Settings [ROOT].”
  4. Kembali ke laman utama aplikasi Xposed, masuk ke “Framework” dan tap “Soft Reboot.”
  5. Perangkat akan kembali reboot dan setelah menyala buka aplikasi “Xposed GEL Settings [ROOT].”
  6. Masuk setting dengan menyapu layar ke kanan, pilih menu “App Drawer.”
  7. Di menu tersebut gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Background Color” dan “Folder Background Color.”
  8. Di kedua opsi itu, set ke warna “Full Transparent.”
  9. Tidak perlu reboot perangkat, kembali saja ke homescreen dengan tap tombol home dan masuk ke app drawer dan bimsalabim warna background app drawer sudah berubah menjadi transparan.
Cukup mudah sedianya tips cara mengubah warna background app drawer Google Now Launcher menjadi transparan. Tidak ribet dan berbelit yang memanfaatkan module Xposed yakni Xposed GEL Settings [ROOT]. Selamat mencoba dan DWOYR (do with your own risk).