Ini Dia Barelang Rose, Batu Akik Khas Batam

Demam batu akik yang berlangsung Indonesia, bikin banyak daerah berlomba-lomba untuk menghidangkan batu akik khas dari daerahnya semasing.

Seperti Propinsi Kepulauan Riau (Kepri), nyatanya propinsi ini mempunyai batu akik khas sendiri. Batu ini mempunyai penampilan yang eksotik, warnanya merah muda serta bercahaya mirip batu Ruby. Batu ini dapat seperti mempunyai ruangan dibagian dalamnya seperti motif alam hingga tampak sangatlah indah. Warga setempat menyebutkan batu akik ini dengan nama batu Barelang Rose atau Batam Rose.

Batu ini jadi penemuan pertama yang lalu jadi ciri khas Batam. Batu akik Barelang Rose diketemukan di seputar jembatan Barelang Batam oleh warga setempat belum lama ini. Temuan ini juga bikin ramai warga kota Batam.

 " Diketemukan warga dekat Jembatan IV Barelang, ” tutur Diky Aldo, Ketua Gemstone, Nagoya Batam, Kamis (26/3/2015).

Sekarang ini, batu Barelang Rose masih tetap berupa batu mentah, belum di proses. Warga Riau yang mau lihat segera batu ini bisa melihatnya di depan Ramayana Jodoh tempat komune Gemstone berkumpul.

Selanjutnya, menurut Aldo ketua Game stone Batam, batu Barelang Rose ini bakal jadikan master waktu pameran Batam Gemstone, April yang akan datang.

 " Batu ini sangatlah unik, dalamnya seperti berair. Bila disenter bakal sangatlah bercahaya, ” ucapnya.