Sejarah Facebook dan Perkembangannya

Sejarah facebook - Siapa yang tidak kenal facebook?, yap, hampir semua orang dari berbagai kalangan tau dan memiliki akun facebook. Bagaimana tidak, media sosial yang satu ini berkembang pesat sejak pertama kali resmi di luncurkan meskipun pada awal di ciptakannya facebook hanya di peruntukkan untuk kalangan mahasiswa Harvard, tapi seiring perkembangannya, facebook mengembangkan sayap dengan memperbolehkan siapa saja untuk memiliki akun facebook secara gratis yakni mendaftar menggunakan E-mail yang falid.
sejarah facebook

Adalah Mark Zukerberg seorang mahasiswa psikologi dari universitas harvard mendaftarkan thefacebook.com pertama kali yakni pada tanggal 11 januari 2004, di mana situs ini terinspirasi dari Facemash yang ia ciptakan sebelumnya, kemudian di modelkan dengan friendster.

Menurut Mark, Harvard membutuhkan waktu bertahun tahun untuk bisa menghubungkan orang orang di dalam universitas tersebut melalui sebuah situs, namun Mark mengatakan bahwa ia ingin menciptakan sebuah situs yang bisa mengimplementasikan hal tersebut dalam waktu singkat, bersama teman temannya ia ciptakan thefacebook.com.

Setelah Mark dan rekan rekannya menyelesaikan situs thefacebook.com, sekitar 1.200 mahasiswa Harvard telah mendaftarkan diri dalam waktu 24 jam, di mana angka ini menyamai jumlah setengah dari seluruh mahasiswa tingkat akhir di Harvard, sebuah angka yang fenomenal, namun tidak hanya sampai di situ, thefacebook.com terus di kembangkan dan  tepatnya pada tanggal 30 desember 2004 pengguna thefacebook.com mencapai angka 1 juta orang lebih.

Agustus 2005 thefacebook.com resmi berganti nama menjadi facebook.com dan di tahun itu pula facebook mulai bekerjasama dengan brand terkenal seperti Microsoft dan Apple yang kemudian menyebar di beberapa negara seperti Canada, UK, Mexico, New zealand, Irlandia US dan Australia.

sejarah facebook

Facebook terus mengalami kemajuan, hal ini terbukti dengan meningkatnya pengguna facebook di hampir seluruh dunia, kemudian facebook juga bekerjasama dengan Heroku dan Skype untuk kemudian merilis sebuah aplikasi yang bernama Ipad lalu mengubah interface dengan berbasis timeline, halaman login serta profil dengan tampilan yang lebih elegan.

Perkembangan facebook terus menyita perhatian publik, hingga pada tahun 2012 seorang sutradara yang bernama David Fischer membuat sebuah film dokumenter yang menceritakan sejarah perkembangan facebook dan kisah kehidupan dari sang pembuat facebook itu sendiri yakni Mark Zuckerberg.

Di Indonesia sendiri facebook juga berkembang sangat pesat, hampir semua kalangan tau tentang situs yang satu ini, bagaimana tidak, selain sudah memiliki pengguna yang sangat banyak, facebook juga memiliki fitur fitur yang sangat mudah di gunakan seperti berkirim pesan, videocall dan masih banyak lagi, cara daftarnya pun gratis, hanya butuh Email yang sudah Falid. Lalu bagaimana dengan sobat sendiri, sudahkah sobat punya akun facebook?, kalau belum silahkan daftar facebook dulu dengan mengikuti langkah langkah cara daftar facebook yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Itulah sedikit cerita sejarah perkembangan facebook, dari mulai awal dibuat sampai facebook menjadi salah satu sosial media paling populer di seluruh dunia, walaupun ada beberapa negara yang memblokir situs facebook karena menganggap tidak sesuai dengan kultur dan budaya masyarakat negara tersebut.

Terimakasih sudah berkunjung di ngawicybers.blogspot.com