Batu Akik Kuningan Dibanderol Rp 500 Juta

Batu akik bergambar jerapah, indah warna serta pemandangan alam di Kuningan, Jawa Barat, yang bakal diikutkan dalam kontes akik Kuningan 25 April 2015 dihargai semasing Rp 500 juta. 

 " Ketiga batu akik memiliki ukuran seputar lima sentimeter itu kami hargai Rp 500 juta serta bakal diikutkan dalam kontes batu akik Kuningan, kontes akik tingkat Jawa barat, ataupun nasional, " kata yang memiliki, sekalian panitia Pameran Batu Akik Kuningan, Kuswara pada wartawan di Kuningan, Sabtu (19/4). 

Menurutnya, ketiga batu akik itu adalah asli bebatuan Kuningan, Jawa Barat yang di kenal Bacin (batu Ciniru) dengan type akik kalsidon. 

Pameran batu akik yang di buka, Sabtu (18/4) yang berjalan sepanjang 10 hari. Beberapa agenda bakal di gelar salah satunya kontes batu akik, baik dari Kuningan ataupun dari luar propinsi. 

Peserta pameran itu diantaranya datang dari Garut, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Lampung serta NTT sejumlah 40 saung. 

 " Kami berniat mengundang peserta dari luar sekalian untuk mempromosikan type batu mulia dari Kuningan yang mempunyai ciri khas diantaranya berwarna kuning, " tuturnya. 

Tentang penambangan sendiri, di Kuningan sifatnya baru hanya " pemulung " di pinggir sungai serta patahan-patahan tebing. " Itu belum termasuk penambangan yang meneror rusaknya lingkungan, " kata dia.