Batu Akik Termahal Ada Dalam Ginjal Manusia, Ini Buktinya

Batu Akik Termahal Ada Dalam Ginjal Manusia, Ini Buktinya. Tren batu akik sekarang ini tengah menempa orang-orang Indonesia. Untuk memperolehnya saja terkadang memerlukan jutaan rupiah.

Nah, lain lagi di kelompok dokter, ada type batu lain yang lebih mahal sampai membebani negara hingga miliaran rupiah, yakni batu ginjal.

“Batu ginjal adalah batu akik paling mahal, ” tutur dr Imran Agus Nurali, SpKO dari Direktorat Bina Kesehatan Kerja serta Berolahraga Kementerian Kesehatan, Rabu (4/3/2015).

Guyonan dr Imran bukanlah tanpa ada basic lho. Dirjen Bina Gizi serta kesehatan Ibu serta Anak Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, Mkes mengungkap ada seputar 1. 050. 000 pasien penyakit kritis ginjal di Indonesia yang memerlukan dialisis dan bersihkan darah teratur.

“Dialisis umumnya dikerjakan 1 minggu 2 kali, bila sekali dialisis Rp 750. 000, jadi tiap-tiap minggu mesti perlu Rp 1, 5 juta. Untuk 1 juta pasien, jadi 1 minggu menggunakan Rp 1 triliun, ” tutur dr Anung.

Penyakit ginjal kritis ini dipicu disebabkan tebentuknya batu ginjal disebabkan kurangnya konsumsi cairan. Dalam periode panjang, hal itu menyebabkan ingindapan di ginjal.