Batu bertulis kaligrafi Arab ramaikan pameran batu cincin di Aceh

Sekilas batu hitam sebesar telur puyuh ini tampak umum saja, tak ada yang istimewa dari batu hitam legam ini. Apabila pengunjung tak cermat, dapat di pastikan bakal melewatinya tanpa ada melirik sedikitpun.

Inilah batu Meteor berwarna hitam pekat ada ukiran kaligrafi pada batu itu. Batu ini adalah satu-satu koleksi yang memiliki stand Mustika Giok Aceh yang tengah ikuti pameran, serta kontes batu nasional yang diadakan oleh Gabunagan Penggemar Batu Alam (GaPBA) Aceh di Pasar Aceh, lantai III, Banda Aceh.

Tetapi banyak juga lirikan mata tertuju pada batu hitam pekat ini. Awalnya cuma mau tahu batu hitam itu type apa. Lantaran memanglah seluruhnya pengunjung awalnya cuma ajukan pertanyaan bermacam type batu yang dipamerkan.

Baru setelah yang memiliki stand menuturkan di batu itu ada tulisan kaligrafi pengunjung jadi terkesima saat itu juga. Hingga tak heran stand Mustika Giok Aceh dipadati pengunjung yang penasaran dengan type batu itu.

Batu akik meteor ini juga jadi pusat perhatian pengunjung di pameran ini yang ada tepatnya di Jalan Diponogoro, Banda Aceh. Yang memiliki stand juga tampak dengan sabar melayani tiap-tiap pengunjung yang datang mau lihat batu itu.

Beberapa pengelola stand bukan sekedar memamerkan batu-batu alam Aceh baik akik ataupun giok yang bernilai jutaan rupiah. Ada bermacam type giok yang dapat dipunyai oleh pengunjung, namun dengan prasyarat mesti membelinya.

Untuk beberapa penggemar batu, akik hitam ini tak asing lagi untuk mereka. Batu ini kerap dimaksud batu meteor atau juga di kenal dengan nama satam. Tidak banyak penggemar batu mempunyai koleksian satam yang terbilang langka ini.

 " Ini koleksi kami, jadi tak kami jual, terkecuali yang lain ini, " kata Teuku Nanad (25), Selasa (10/3) sambil tunjukkan bermacam type batu yang di jual di pameran itu.

Sepintas batu akik satam ini tak terlihat ada kaligrafi. Walau demikian cermati baik-baik satam berupa kerang sebesar telur puyuh ini, dari ke-2 sisinya ada kaligrafi, tetapi tak terang tulisan kaligrafi itu.

 " Ini dapat dipandang segi kiri serta kanan tampak, bila sepintas umum saja, tak terlihat, " tukasnya.

Menurut dia, inilah koleksi batu satam kepunyaannya bertulis abjad atau aksara arab dimaksud batu lafad. Kaligrafinya ini tidak cuma mempunyai satu kata, namun berupa kalimat tulisan kaligrafi bhs Arab.