Benarkah Batu Akik Punya Khasiat? Ahli Batu Akan Menjawabnya

Batu akik mempunyai manfaat tetapi dengan penjelasan ilmiah, kata Ketua Komune Batu Akik Mulia Sumatera Barat (Sumbar), Attila Majidi.

 " Batu mulia mempunyai khasiatnya sendiri, tetapi dengan penjelasan dengan cara ilmiah. Bukanlah beberapa hal yang berbau mistis, " tuturnya waktu konfrensi pers kontes Gebyar Pesona Batu Akik Mulia Nusantara di Padang, Senin

Salah satu yang dicontohkannya yaitu type Moss Agate (Suliki). Di mana batu itu mempunyai kandungan mineral yang punya pengaruh pada badan manusia.

 " Moss Agate yaitu akik memiliki kandungan mineral yang mirip lumut. Mineralnya itu punya pengaruh pada badan manusia, " tuturnya.

Diluar itu, imbuhnya, warna batu akan memengaruhi perasaan penggunanya, searah dengan teori warna. Lantaran semasing warna juga kesannya sendiri.

Dengan hal itu, ia menyampaikan sebagian manfaat yang kerap disebutkan oleh pengguna batu tak seutuhnya salah. Tetapi kekeliruan berlangsung lantaran membawa hal itu ke ranah mistis.

 " Berdasar pada keilmuwan batu mempunyai khasiatnya sendiri. Cuma saja sebagian pemakai batu akik menghubungkan manfaat itu dengan hal mistis, karena tidak paham penuturannya dengan cara ilmiah, " katanya.

Waktu di tanyai perihal sertifikasi batu, ia mengatakan Komune Batu Akik Mulia Sumatera Barat mendorong yang memiliki mensertifikatkan batunya.

Lantaran sertifikasi itu bisa memberitahukan detil batu yang dimilki, kelangkaan, serta yang lain. Diluar itu dengan sertifikat yang memiliki bakal gampang dalam pemilihan harga lantaran spesifikasi batunya telah terang.

Ia menuturkan sebagian masalah dalam menyertifikatkan batu itu lantaran belum tahu kehadiran Lab Gemologi untuk pengidentifikasi spesies serta varitas, treatments, dan inclusion mapping juga sebagai jati diri suatu batu. Di mana hasil kontrol nanti dinyatakan dalam memo atau sertifikat.

Diluar itu, katanya, lantaran terkendala pada jarak untuk mensertifikasi batu itu. Di mana untuk Sumatera, ada satu Lab Gemologi yang ada di daerah Medan.