Di Barru, Ada Batu Akik yang Bisa Melekat ke Magnet

Ada batu akik yang terakhir mulai jadi buruan beberapa kolektor di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Batu akik itu dinamai panca warna badar besi. Terkecuali mempunyai warga yang bermacam, batu ini memiliki corak yang unik, serta memiliki kandungan besi.
Batu type ini cuma dapat diketemukan di pegunungan di perbatasan Kabupaten Barru serta Kabupaten Pangkep. “Batu ini mempunyai corak yang bermacam, warga yang bermacam dan dapat melengket pada magnet atau besi berani. Ini termasuk juga koleksi baru, untuk beberapa pengemar batu akik, “ kata Akta Rahim, pedagang batu akik, Jalan Veteran, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (13/5/2015).
Tak kalah kerasnya dengan batu bacan atau rubi, batu type ini meraih delapan mohs bila diukur dengan alat pengukur kekerasan batu. “Selain keras, harga panca warna badar besi murah, seputar Rp 300. 000 perbongkahan dengan berat satu kg, “ tutur Akta Rahim.
Rahman, seseorang kolektor batu akik dari Parepare, segera beli waktu lihat batu asal Kabupten Barru ini. “Dasar cokelat dengan corak batik, seberat satu kg serta bikin batu cincin, ” kata Rahman.
Rahman mengaku, Panca warna badar besi, basic cokelat sangatlah pas untuk batu cincin, dengan menggunakan pakaian Batik. “Batu panca warna badar besi ini sangan cocok apabila kita menggunakan pakaian batik, “ kata Rahman. (Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin)