Inidia Rahasianya Kenapa Harga Batu Akik Tak Rasional Hingga Miliaran

Demam batu akik yang merambah semua pelosok Tanah Air bikin harga komoditas batu asli Indonesia itu jadi sangatlah mahal. Beberapa pemerhati menilainya penjualan batu akik telah tak rasional hingga orang-orang sangatlah perlu edukasi harga.

Menurut Budayawan Semarang, Timur Cahaya Suprabana, euforia orang-orang pada batu akik belakangan ini banyak digunakan oleh kelompok spesifik. Intinya beberapa pengepul bahan yang berniat bikin standardisasi harga yg tidak rasional.

 " Harapan saya, dengan moment-event (aktivitas) pameran yang sering dikerjakan, nampak edukasi masalah harga. Lantaran harga yang didapatkan tak rasional, " kata Timur pada VIVA co. id di sela pameran batu akik di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 25 Februari 2015.

Mekanisme pasar masalah batu akik saat ini, kata dia, belum dapat mengedukasi orang-orang. Walau sebenarnya batu akik yaitu barang yang dapat ditetapkan standard harga nya. Juga sebagai misal, batu berjenis bacan yang saat ini jadi pembicaraan di media sosial ataupun market batu akik di Indonesia.

 " Persoalannya masalah sacan, ada segi manipulasi antarpedagang, supaya laris. Manipulasi harga itu dibumbui dengan isu politik, seperti narasi Presiden Jokowi masalah batu akik, " kata pegiat batu akik mulai sejak th. 1985 itu.

Menurut dia, harga tak rasional batu akik di market meraih angka diatas Rp12 juta hingga miliaran, terlebih batu akik type bacan sebagai buruan saat ini. Dia menyebutkan orang-orang sudah diarahkan untuk mengiyakan bahwa batu akik type itu jadi batu yang teramat mahal.

 " Batas Rp12 juta telah tak akan rasional. Terlebih itu batu kembarannya banyak. Jadi mesti saksikan kwalitas batunya. Jangan sempat umum terperdaya. Ini disesatkan oleh beberapa pengepul bahan, " tuturnya.

Timur menuturkan, batu akik dapat bernilai mahal bila mempunyai unsur spesifikasi yang pasti. Pertama, orang mesti tahu nama geologi dari type batuan yang ada. Tak seluruhnya batu asal daerah yang tidak sama mempunyai sebutan yang sama.

 " Seperti batu bacan sendiri, kan, nama daerah. Namun sekarang ini beberapa orang banyak mengatasnamakan batu bacan semau mereka, ” dia memberikan.

Ke-2, orang-orang juga mesti tahu sebutan nama dagang untuk type batu akik. Paling akhir, mesti penuhi prasyarat tuah. Tuah ditetapkan motif atau corak. Umumnya corak bakal tingkatkan harga jual untuk orang spesifik.

 " Semoga saja, pameran batu akik bakal nampak rasionalisasi harga hingga beberapa orang baru dapat mempunyai batu akik dengan harga terjangkau serta rasional, " tuturnya.