Takjub Lihat Batu Akik Garut, Anggota DPR RI Borong Liontin

Batu akik Panca Warna (PW) Edong Garut yang jadikan souvenir untuk beberapa ibu Kepala Negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, sudah mengambil alih perhatian banyak kelompok. Dari mulai kelompok orang-orang umum sampai petinggi satu tingkat DPR RI.

memberikan PW Edong Garut
Anggota DPR RI Komisi IX, Siti Mufattahah memberikan PW Edong Garut (photo : Bambang F)
Sebut saja satu diantaranya, anggota komisi IX DPR RI dari Fraksi Demokrat, Siti Mufattahah. Diakuinya penasaran mau tahu bentuk serta warna dari batu yang di produksi Koperasi Lasminingrat itu sampai populer ke manacanegara.

“Saya penasaran mau tahu sekalian mempunyai batu PW Edong. Selesai sidak dari Puskesmas Pembangunan serta kunjungan kerja dari Sekolah Tinggi Hukum Garut, segera bertandang ke Koperasi Lasminingrat, ” tutur Siti Mufattahah, Kamis (30/4/2015).

Tiba di Koperasi Lasminingrat, anggota legislatif pusat ini berdecak mengagumi akan lihat beragam macam bentuk batu Garut. Batu Akik kota Intan juga dinilainya sangatlah layak jadi souvenir serta ikon baru Kabupaten Garut.

“ Waw,,, sungguh menakjuban kekuasaan Allah SWT yang membuat keindahan batu Garut. Pas pilihan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil jadikan Pancawarna jadi souvenir KAA, ” sebut Siti Mufattahah.

Juga sebagai wakil rakyat dari Daerah Penentuan Kabupaten/Kota Garut serta Tasikmalaya, dianya juga berjanji bakal turut menolong mempromosikan batu akik Garut sampai ke luar negeri.

Saat sebelum meninggalkan Koperasi Lasminingrat, Siti Mufattahah juga beli liontin serta cincin versus KAA seharga Rp10 sampai Rp15 juta per buah. Dia juga memiliki kesempatan membubuhkan sinyal tangan di papan info Koperasi Lasminingrat Garut.

Seperti di ketahui, terkecuali dasi koboi dari Pemprov Jawa barat, beberapa tamu dari 109 negara peserta peringatan KAA ke-60 juga memperoleh souvenir berbentuk liontin batu akik pancawarna asal Garut dengan tali dari kulit domba Garut. Liontin batu akik Pancawarna Garut tersebiy ditangani oleh perajin yang tergabung dalam koperasi Laksminingrat. Ukuran liontin juga mempunyai diameter 3, 5 cm.

Kelebihan dari liontin batu Pancawarna itu, terdapat pada komposisi serta keindahan warnanya. Liontin serta kalung itu dikemas dalam box kayu. Liontin juga di buat dari bongkahan batu akik Pancawarna Garut seberat 60 kg.