Batu Akik jadi Harapan Baru Ekspor Nasional

Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan (Kemendag) mulai melirik baru akik atau bacan juga sebagai product yang dapat menaikkan macam ekspor Indonesia. Bahkan juga, baru akik diakui dapat tingkatkan devisa perdagangan nasional.

 " Selama itu di proses dari tambang yang legal, jadi bakal kita ekspor terlebih ada nilai imbuhnya, lantaran bakal tingkatkan devisa, " tutur Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Partogi Pangaribuan di Kantor Kemendag, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Dia menjelaskan, batu akik bakal menaikkan macam product perdagangan Indonesia ke luar negeri. Menurut dia, hal semacam itu juga searah dengan program Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menaikan ekspor Indonesia meraih 300 %.

 " Sesuai sama program Pak Rahmat Gobel 300 % ekspor, saat ini kita tengah menggali beberapa produk apa sajakah yang dapat kita ekspor. Yang pasti bagaimanakah kita menaikkan macam product ekspor, serta menaikkan eksportirnya sendiri, type product, negara maksud ekspor, serta pelaku eksportirnya, dan berikanlah keringanan pada produksi maksud ekspor, " papar Partogi.

Seperti di ketahui, penjualan batu akik dalam negeri memanglah tengah naik daun. Bahkan juga, di beragam daerah batu akik sangatlah digemari oleh orang-orang. Tidak tidak sering, beberapa pedagang batu akik itu juga dapat merauk untung sangatlah besar dari penjualannya.

Menariknya, booming batu akik sekarang ini jadi sedikit meredupkan cahaya batu mulia seumpama permata serta berlian. Perihal ini pula yang kelihatannya bikin pemerintah mulai melirik baru akik jadi product ekspor.