Jual Beli Batu Akik via Online, Batu Bacan Paling Laris Manis

Jual beli batu akik saat ini tidak cuma di lapak-lapak tepi jalan saja. Batu juga di jual melalui langkah online. Dari mulai jual beli melalui komunitas, website jual beli, hingga media sosial. Nah, batu apa yang paling diminati konsumen online?

 " Batu Bacan stabil, ini paling mudah dah di jualnya, " jelas Gopal, pelaku jual beli batu dengan cara online waktu terlibat perbincangan, Senin (4/5/2015).

Batu Bacan memanglah memperoleh tempat sendiri di masa booming akik. Batu asal Maluku Utara ini paling diburu. Terkecuali lantaran pernah dikait-kaitkan dengan Presiden SBY, juga batu ini sering dimaksud batu hidup. Jadi, walaupun telah diangkat dari tanah, batu ini terus dapat beralih warna.

 " Bacan yang paling di cari, lalu ada solar super Aceh juga, " tambah Gopal.

Masalah Bacan ini disadari Irman, yang umum jual beli melalui Facebook. Dia menempatkan photo batu Bacan lalu berikan harga. Umumnya, menurut Irman, tidak berapakah lama banyak yang menyambar harga.

 " Batu Bacan itu tak tahu kenapa memanglah paling mudah. Walau sebenarnya belum kristal, masih tetap ada hitam-hitamnya, banyak yang mencari, " terangnya.

Batu lain juga turut di cari, namun betul-betul harus super kristal, umpamanya batu asal Aceh, Garut, atau yang lain. Namun terus Bacan yang paling mempunyai nama.

 " Hati-hati juga buat yang beli batu melalui online, harus dipandang atau bila dapat ketemu serta teliti barang, " terang Irman.

Lantaran mudahnya menarik peminat batu akik ini, tidak sedikiti penipu yang mengaku-ngaku jual batu Bacan. Irman juga mewanti-wanti. Di komunitas jual beli atau di facebook juga tidak sedikit yang memajang photo batu Bacan atau bongkahannya, lalu mengiming-imingi jual dengan harga terjangkau.

 " Jual beli di online memanglah harus hati-hati. Paling mudah ya ketemuan sesudah kontak-kontakan. Janganlah asal transfer, " tutup Irman.