Banyak yang bilang kalau Sains itu sulit dan ribet. Tapi ternyata, setelah setahun membiasakan percobaan sains secara rutin, ternyata melakukan percobaan sains itu menyenangkan. Ada tips agar anak suka sains.
Ide ini berawal saat saya menjadi wali kelas satu. Salah satu kebiasaan saya saat menjadi walikelas adalah membuat agenda berbeda tiap harinya. Misal senin hari bercerita, selasa hari makan bersama, rabu hari percobaan sains (selanjutnya kita sebut hari PS), kamis hari membaca, dan seteruanya. Sebenarmya saya ingin cerita kegiatan kami di masing-masing hari tersebut. Tapi karena saat ini saya nulis buat blog kimia, maka saya hanya akan bercerita tentang hari PS.
Tujuan saya mendesain hari erksperimen sains adalah agar anak-anak kreatif, bisa mengembangkan imajinasi dan berpikir logis, suka akan hal-hal baru, serta melatih kepercayaan diri mereka.
Jenis Eksperimen yang dilakukan anak-anak bebas. Dengan kata lain bukan saya yang menentukan. Mereka bebas melakukan percobaan apapun.
Misalnya Azizah membuat percobaan balon bisa besar sendiri, Lana mempraktikan teori magnet, Saif membuat gelembung sabun, dan percobaan yang lain.
Jujur, dari percobaan yang dilakukan anak-anak ada beberapa hal baru yang baru saya ketahui. Contohnya punya Saif, saya baru tahu kalau untuk membuat gelembung besar maka air sabun ditambahi gula bubuk.
Ehm.. Ternyata salah satu manfaat dari hari bereksperimen ini adalah anak-anak jadi membaca dan mencari tahu percobaan kimia.
Manfaat hari percobaan sains bagi pembelajaran:
- memberikan efisiensi waktu dan tenaga
- membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
- membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
- meningkatkan kualitas pembelajaran, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
- proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik
- membuat guru lebih kreatif, positif, dan produktif
- menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan,
- meningkatkan motivasi dan pengertian anak didik terhadap materi yang disajikan,
- menyajikan data yang kuat dan terpercaya
- dapat membangkitkan ide atau gagasan siswa yang bersifat konseptual, sehingga mengurangi kesalahpahaman siswa dalam mempelajarinya.
- memberikan pengalaman-pengalaman nyata yang merangsang aktivitas diri sendiri untuk belajar, berpikir, dan beranalisis.
- Dapat mengembangkan jalan pikiran yang berkelanjutan.
- Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
Kegiatan sederhana yang hanya mengambil satu jam pelajaran ini ternyata mampu membuat siswa ketagihan dan selalu menunggu hari percobaan sains. Proses pembelajaran yang menyenangkan pasti akan lebih bermakna bagi siswa.
Education is not the learning of fact, but the training of the mind to think -Albert Einstein-
Posting Komentar