10 Mitos Menyesatkan Seputar Jerawat



Jerawat yaitu permasalahan kulit yang dapat dihadapi oleh siapa saja, baik itu remaja ataupun orang dewasa. Sesungguhnya ada bermacam langkah yang dapat anda kerjakan untuk singkirkan jerawat. Tetapi sayangnya, cara-cara itu ternyata menyesatkan.

Bukannya mengobati, cara yg tidak pas malah bakal jadi parah keadaan jerawat dan membahayakan kulit anda. Oleh karenanya, sangatlah disarankan untuk waspada dalam menangani jerawat, apakah cara itu telah teruji medis atau hanya mitos belaka.

Nah, supaya anda tak salah langkah dalam lakukan perawatan kulit berjerawat, sangatlah utama untuk anda untuk membedakan mitos serta kenyataan perihal pengobatan jerawat. Tersebut beberapa mitos sekitar jerawat yang perlu anda kenali.


Mitos 1 : Pola makan tak ada hubungan dengan jerawat
Sebagian orang berasumsi bahwa pola makan harian tak ada hubungannya dengan jerawat. Walau sebenarnya, menurut beragam penelitian, permasalahan jerawat yang anda alami sangatlah terkait erat dengan pola makan yang anda terapkan sehari-hari. Makanan yang banyak terkandung gula, junk food, product susu, dan lemak tak sehat bisa mengakibatkan jerawat.

Baca juga : 6 Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Jerawat

Mitos 2 : Makan cokelat jadi memperburuk jerawat
Memanglah benar bahwa makanan manis tak baik untuk jerawat, tetapi tak sekian dengan dark chocolate. Makin gelap warna cokelat, makin sedikit kandungan gula di dalamnya. Inilah mitos jerawat yang sering menyesatkan beberapa orang.

Mitos 3 : Jerawat cuma dihadapi oleh golongan remaja
Remaja biasanya alami permasalahan jerawat lantaran produksi hormon pada badan mereka tengah tinggi-tingginya. Tetapi hal semacam itu bukanlah bermakna cuma kelompok remaja yang alami jerawatan. Jerawat dapat juga nampak lantaran saat kehamilan, menopause serta siklus menstruasi.

Simak juga : Apakah benar Memencet Jerawat Itu Beresiko?

Mitos 4 : Janganlah gunakan make-up sepanjang jerawatan
Mitos yang lain yang


sampai kini masih tetap diyakini beberapa orang yaitu : dilarang menggunakan make up sepanjang berjerawat lantaran dapat menyebabkan timbulnya jerawat lain. Bila anda memakai produk kosmetik berkwalitas yang pas, pemakaikan make up akan tidak jadi memperburuk keadaan jerawat anda. Demikian sebaliknya, make up berkwalitas rendah bisa menyumbat pori-pori hingga mengakibatkan tumbuhnya jerawat baru.

Mitos 5 : Memakai tabir surya jadi memperburuk jerawat
Ada dua type tabir surya yang di jual di market. Tabir surya yang terbuat dari avobenzone bermanfaat untuk menyerap cahaya UV, sedang tabir surya yang terbuat dari titanium dioksida serta zinc oksida berperan untuk memantulkan cahaya matahari. Untuk kulit berjerawat, pastikan tabir surya zinc oksida lantaran bisa membunuh bakteri pemicu infeksi.

Baca juga : Cara Alami Menyingkirkan Sisa Jerawat

Mitos 6 : Makin banyak menggunakan krim, jerawat makin cepat sembuh
Produk obat jerawat memiliki kandungan asam salisilat serta benzoil peroksida juga sebagai bahan intinya. Ke-2 bahan itu bekerja di ruang pori-pori yang tersumbat serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Jadi, pakai krim anti jerawat sesuai sama panduan pemakaian, tak perlu terlalu berlebih. Penggunaan yang overdosis malah bakal membahayakan kulit anda.

Mitos 7 : Pasta gigi untuk mengobati jerawat
Walau langkah tersebut dapat dibuktikan mujarab serta dapat mengeringkan jerawat serta minyak, namun bahan kimia pada pasta gigi bisa membahayakan kulit anda. Pasta gigi memiliki kandungan baking soda, hidrogen peroksida, alkohol serta triclosan yang apabila dipakai terus-terusan bisa mengakibatkan kerusakan kulit.

Mitos 8 : Paparan cahaya matahari bisa mengobati jerawat
Walau bisa kurangi peradangan jerawat, paparan cahaya matahari dengan cara segera bisa mengakibatkan kerusakan kulit dengan memecah kolagen di kulit hingga pori-pori jadi longgar serta terbuka. Keadaan ini malah bakal menyebabkan tumbuhnya komedo.

Mitos 9 : Sering membersihkan muka bisa mencegah jerawat
Bila anda membersihkan kulit anda terus-terusan, jadi kandungan minyak pada kulit anda menyusut. Alhasil, kulit anda bakal terlihat kering serta kusam. Bila telah sekian, kulit anda dengan cara otomatis akan semakin banyak menghasilkan minyak yang bisa menyebabkan jerawat.

Mitos 10 : Menggunakan pelembab akan mengakibatkan jerawat
Anda bisa memakai pelembab kulit untuk menghindar kulit alami dehidrasi. Tak memakai pelembab malah bisa jadi parah keadaan jerawat.

Dengan tahu mitos-mitos sekitar jerawat diatas, diinginkan anda dapat pilih perawatan kulit yang pas hingga permasalahan jerawat yang anda alami dapat cepat terselesaikan.