ALAI SEBAGAI OBAT DIARE, SEHABIS MELAHIRKAN, MULAS, DAN GANGGUAN HAID


Alai dengan kata lain Kedawung (Parkia roxburghii G. Don atau Parkia biglobosa Auct. non Benth) termasuk juga famili Mimosaceae. Biji kedawung di kenal oleh beberapa peracik jamu dengan nama simplisia Parkiae Semen. kedawung di Sumatera di kenal dengan juga alai serta kedahung, tengah di Jawa dimaksud peundeuy serta kedawung. Sosok tanaman alai/kedaung Kedawung berbuah polong, memiliki bentuk seperti petai.

 pohon kedawung Parkia roxburghii juga serupa pohon petai Parkia speciosa, hingga ada pepatah menyampaikan, ” petai ditanam alai yang tumbuh”, sama namun tidak sama. Biji alai memiliki kandungan glikosida, damar, tanin serta sitin. Biji kedawung (sekian nama kerennya) bermanfaat untuk peluruh kentut, sesaat Kulit batang atau kulit akarnya bermanfaat juga sebagai obat luka. Terkecuali untuk obat diare juga baik untuk ibu-ibu yang habis melahirkan.

 Juga sebagai pohon peneduh tepi jalan, kedawung dimasukkan ke pulau Jawa dari afrika selatan, pada zaman VOC. Tajuknya yang lebar dapat menaungi jalan atau halaman di bawahnya. Buah polongnya yg tidak demikian panjang (20 cm) diisi biji 15-20 butir. baunya enak, bila telah masak. Warnanya kuning. Biji selama 1-2 cm itu berupa gepeng bulat telur serta keras kulitnya. Warnanya hitam. Terasa gurih lantaran memiliki kandungan lemak serta protein, agak asam-asam manis, lantaran ada asam tartrat serta sedikit glukosa.

 Taninnya yang bermanfaat Biji kedawung telah mulai sejak lama digunakan nenek moyang kita juga sebagai obat diare. Biji kedawung yang memiliki kandungan tanin yang berbentuk astringen (menciutkan) jaringan sel, terlebih jaringan organ dalam kita. Diluar itu juga memiliki kandungan zat pahit yang bisa menumpas kuman, serta zat pati yang dapat menyerap zat pengganggu, saat biji kedawung disangrai (agak diarangkan saat digoreng tanpa ada minyak). Obat diare Diare bisa dikarenakan oleh masalah pencernaan, dapat dikarenakan infeksi kuman seperti bakteri serta amoeba patogen. Biji kedawung cuma dapat menyembuhkan diare lantaran masalah pencernaan makanan.

 Harusnya sistem ini berjalan dalam lambung serta usus halus, namun lantaran suatu hal karena, lambung tidak dapat membuahkan enzim pencernaan yang cukup. Maka dari itu makanan yang belum prima diolah itu meluncur ke usus besar untuk diragikan. Mengakibatkan peragian tak berjalan prima serta usus besar selalu menghimpit makanan yang belum tercerna prima meluncur ke luar. Tanin juga sebagai astringen dalam biji kedawung dapat menciutkan dinding usus, hingga hentikan diare type ini. Sesaat zat glikosid dalam kedawung yang sesungguhnya dapat menumpas kuman, cuma ada dalam kulit biji, yang malah dibuang lantaran dikupas.

 tersebut penyebab untuk menyembuhkan diare disebabkan infeksi kuman, kulit biji ini mesti diikutkan. Langkahnya, biji kedawung digoreng tanpa ada minyak (disangrai), tetapi dijaga supaya biji itu tidak jadi arang. Gorengan biji ini dikupas kulitnya serta dikonsumsi. Bisa dikunyah demikian saja serta bisa ditumbuk dahulu, saat sebelum ditelan sekalian, sejumlah 1 sendok teh. Untuk menyembuhkan diare disebabkan infeksi kuman, gorengan biji dikonsumsi tanpa ada dikupas.

 Mengobati luka setelah bersalin Biji kedawung juga bermanfaat mengobati luka-luka pada beberapa ibu yang habis melahirkan. langkahnya, biji kedaung yang telah disangrai ditumbuk halus, selanjutnya diseduh sejumlah satu sendok teh serta ditelan, cukup 2 x satu hari. Untuk ibu yang telah sembuh lukanya serta masih tetap menyusukan, juga disarankan untuk mengonsumsi serbuk biji kedawung supaya bayinya terlepas dari kembung. Jamu mulas (kolik) Delapan biji kedawung disangrai hingga hangus selanjutnya digiling halus. 

serbuk ini diseduh dengan air panas 1/2 cangkir serta imbuhkan madu satu sendok makan. bila sudah suam-suam kuku baru diminum, kerjakan 2 x satu hari. Datang bln. tak pas Untuk ibu-ibu yang kerap alami datang haid tidak cocok waktunya, coba ramuan tersebut : siapkan biji kedawung 15 gr, tapak liman 10 gr, daun sembung 15 gr, jintan hitam 10 gr daun empedu tanah/sambiloto 10 gr. Biji kedawung disangrai lantas ditumbuk berbarengan jintan hitam hingga halus. Seluruhnya bahan di rebus dengan 3 gelas air yang di beri sedikit garam, biarlah airnya tinggal setengahnya. Minumlah jamu ini pagi serta sore. Perut mulas Sedikan 15 gr biji kedawung, digongseng tanpa ada minyak/disangrai hingga masak. Ditumbuk halus jadi bubuk lalu diseduh dengan air panas. Minumlah seduhan tadi 3 kali satu hari, setiap kali satu sendok makan penuh.