BAHAYA DAN MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN


Kopi termasuk juga minuman yang disukai oleh pria dan wanita. Minuman konon yang dapat mengurangi rasa kantuk ini sangatlah umum di orang-orang Indonesia. Bahkan juga, gerai-gerai kopi sudah menjamur di beberapa pojok kota, sampai di mall.
Cafein bekerja pada badan dengan menggantikan reseptor adenosin dalam sel syaraf yang bakal meningkatkan produksi hormon adrenalin.
Didalam kopi terdapat cafein, yang disebut senyawa kimia alkaloid yang di kenal juga sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan cafein dalam kopi yaitu 1-1, 5%, sedangkan pada teh 1-4, 8%
.
Manfaat Kopi 
Dalam dunia kedokteran, cafein sering dipakai juga sebagai perangsang kerja jantung serta tingkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah cafein bisa berperan juga sebagai bahan pembangkit stamina serta pembasmi rasa sakit.
Mekanisme kerja cafein pada badan yaitu menyaingi manfaat adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak dapat bikin orang cepat tertidur)
.
Di mana cafein itu tak memperlambat gerak beberapa sel badan, tetapi cafein akan membalikkan seluruhnya kerja adenosin hingga badan tak akan mengantuk, namun nampak perasaan segar, sedikit senang, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, desakan darah naik, otot-otot berkontraksi serta hati akan melepas gula ke aliran darah yang bakal membuat daya ekstra.
Itulah penyebab beragam jenis minuman pembangkit stamina biasanya memiliki kandungan cafein juga sebagai bahan intinya.
 
Bahaya Kopi 
Terkecuali manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga mempunyai kerugian. Satu diantaranya yaitu dampak ketergantungan.
Minum kopi ternyata bisa tingkatkan kemungkinan terkena stroke. Suatu riset yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry th. 2002 menyimpulkan bahwa minum kian lebih 5 gelas kopi /hari bakal tingkatkan kemungkinan terjadinya rusaknya pada dinding pembuluh darah.
Cafein dapat juga mengakibatkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, terasa tegang serta cepat geram.
Pada wanita hamil juga dianjurkan tak konsumsi kopi serta makanan yang memiliki kandungan cafein. Hal semacam ini karena cafein bisa menambah denyut jantung. Pada janin bisa menyerang plasenta serta masuk dalam aliran darah janin. Efek terburuknya, dapat mengakibatkan keguguran.

10 Kenyataan Tentang Kopi 
Tersebut ada 10 kenyataan tentang minuman kopi
1. Cafein dapat membunuhmu
Terlebih bila anda sangatlah manikak kopi, yaitu menenggak kopi 80-100 cangkir satu hari. Jadi janganlah coba-coba ya.
2. Kopi dapat pula baik buatmu
Studi menunjukkan bahwa kita dapat memperoleh antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi satu hari, telah berguna. Bila tak sukai kopi, dapat cobalah teh hitam.
3. cafein dapat meningkatkan gairah sex perempuan
Ini baru dapat dibuktikan pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi bisa tingkatkan pengalaman seksual tetapi cuma pada mereka yg tidak maniak kopi.
4. Cafein dapat kurangi rasa sakit
Dosis tengah kopi, setara dengan dua cangkir kopi, dapat meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, sekian menurut suatu studi kecil. Namun lagi-lagi ini cuma berlaku untuk mereka yang bukanlah pecandu kopi.
5. Cafein dapat buat kita begadang
Buat yang mau melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yg tidak, baiknya meminum kopi enam jam saat sebelum jam tidur supaya tak terganggu jam istirahatnya.
6. Kopi yang dekafein juga memiliki kandungan kafein
Meskipun istilahnya dekafein, dengan kata lain bebas cafein, tetap harus kopi itu memiliki kandungan cafein. Bila kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama juga dengan minum satu-dua cangkir kopi cafein.
7. kopi dekafein memakai bahan kimia
Untuk kurangi kandungan cafein pada kopi dekafein, dipakai bahan kimia bernama methylene chloride.
8. Cafein itu bukanlah sisi yang berasa pahit
Beberapa orang menduga, semakin pahit rasa kopi, semakin banyak kandungan kafeinnya. Tak, karena cafein tidaklah komponen yang terasa pahit.
9. Kopi yang bagus bergantung pada pembakaran serta peracikannya
Bila mau kopi bercitarasa nikmat, jadi yang paling memastikan yaitu sistem pembakaran serta racikannya. Sepanjang pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi bakal keluar. Semakin banyak minyak ini keluar, semakin kuat rasa kopinya. Timbulnya kandungan cafein bergantung pada lamanya air ada dibagian dasar. Pembakaran yang semakin lama juga membuahkan cafein semakin banyak.
10. Kopi diketemukan oleh kambing
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terbangun semalaman sesudah makan biji kopi merah. Sang penggembala mengecek mengapa itu berlangsung serta temukan bahwa pemicunya yaitu kopi. Mulai sejak itu manusia mulai ikut-ikutan minum kopi.