Cara ampuh untuk mengatasi susah buang air besar


Sembelit atau yang umum dimaksud dengan sulit buang air besar adalah satu situasi yang sangatlah menyiksa untuk mereka yang merasakannya. Terkecuali bisa mengakibatkan perut kembung, badan gampang capek serta tak enak sembelit dapat juga mengakibatkan tidur tak pulas serta bahkan juga jerawat. Hal semacam ini karena terdapat beberapa sekali kotoran yang menumpuk didalam badan.

cara mengatasi sembelit

Bila tak selekasnya diatasi sudah pasti hal semacam ini bisa mengganggu kesibukan Anda. Saat sebelum mengatasinya, Anda mesti tahu pemicu sulit buang air besar terlebih dulu, yakni pola makan yg tidak seimbang, kurang konsumsi makanan memiliki serat, rutinitas tunda buang air besar maupun lantaran masalah pada sistem pencernaan. Lantas bagaimana caranya mengatasinya? Tersebut disini langkah menangani sembelit dengan cara alami serta pencegahannya.

Cara ampuh untuk menangani sulit buang air besar

Janganlah melupakan makan

Seseorang pakar pencernaan serta profesor kedokteran di Duke University Hospital di Durham, NC, Joanne AP Wilson, MD menyebutkan bahwa konsumsi makanan sesuai sama jam makan bisa bikin isi didalam perut bergerak menuju ke usus besar. Hingga seorang kerap melupakan jam makan seperti sarapan, makan siang maupun makan malam kerap alami sembelit maupun masalah pencernaan yang lain.

Konsumsi pencahar alami

Cara yang ke-2 yaitu dengan coba pencahar alami. tidak butuh memakai obat pencahar yang di jual di toko obat, Anda dapat memakai obat pencahar alami seperti buah serta sayur. Buah serta sayur yang Anda mengkonsumsi kaya serat yang dapat mendorong makanan yang masih tetap didalam usus. Sebagian buah serta sayur kaya serat yang bisa Anda mengkonsumsi yaitu pisang, pepaya, alpukat, jeruk, brokoli, kol serta yang lain. Tidak cuma itu saja, kata dr Wilson konsumsi secangkir kaldu hangat juga dapat memperlancar pencernaan.



Konsumsi gandum

Terkecuali buah serta sayur, gandum juga kaya serat lembut yang bisa menolong menggerakkan feses. Kata Elaine Feldman, MD, profesor emeritus of medicine di Medical College of Georgia konsumsi sebagian roti gandum, sedikit buah serta sayur dalam sehari-harinya juga cukup dapat untuk menangani sembelit yang Anda derita.

Minum air putih

Cara menangani sembelit setelah itu yaitu dengan dengan minum air putih dengan teratur. Minumlah 6 hingga 8 gelas dalam sehari-harinya aar feses terus lunak serta tak mengakibatkan konstipasi. Robyn Karlstadt, MD, seseorang pakar pencernaan di Rumah Sakit Graduate di Philadelphia juga merekomendasikan untuk minum air putih untuk menangani serta menghindar sembelit.

Berolahraga

Saat seluruhnya langkah yang Anda kerjakan tidak berhasil, coba untuk olahraga. Dengan olahraga bakal merangsang usus untuk memperlancar feses. Sebagian berolahraga yang bisa merangsang usus, diantaranya berenang, jalan kaki, jogging maupun lakukan gerakan senam aerobik untuk menangani sembelit serta yang pasti juga untuk turunkan berat tubuh. Terkecuali olahraga, riset dari Inggris juga menyebutkan bahwa minum secangkir kopi berkafein dapat juga merangsang gerakan usus.