Gejala dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak


Penyakit gondongan pada anak adalah satu penyakit menular. Penyakit ini ditularkan oleh virus Paramyxovirus yang menyerang kelenjar yang terdapat dia pada rahang serta telinga. Infeksi yang dikarenakan oleh virus ini mengakibatkan pipi sisi bawah serta leher sisi atas membengkak.

Penyakit gondongan atau dalam dunia medis di kenal juga sebagai Parotitis atau Mumps ada di semua dunia serta cenderung menyerang anak-anak. Walau sekian, banyak juga masalah di mana orang dewasa diserang virus ini. Walau demikian, pada orang dewasa virus gondongan ini cenderung menyerang sistem syaraf pusat, payudara, buah zakar, prostat serta organ badan yang lain.

Penderita penyakit gondongan biasanya yaitu mereka yang kekurangan zat Iodium dalam badannya. Mereka yang konsumsi obat-obatan yang berperan menekan hormone tiroid juga mempunyai kemungkinan tinggi untuk menanggung derita penyakit gondongan. Penyebaran virus gondongan berlangsung lewat kontak cairan pasien dengan orang sehat.

penyakit-gondongan-pada-anak

Tanda-tanda Penyakit Gondongan Pada Anak

Percikan ludah serta air seni pasien memiliki kandungan virus gondongan. Jika percikan ini tentang badan orang sehat, jadi ia berkemungkinan besar terinfeksi virus itu. Terutama jika orang sehat itu alami penurunan ketahanan badan.



Masalah penyakit gondongan tidak sering diketemukan pada anak dibawah 2 th.. Ini dikarenakan mereka umumnya masih tetap mempunyai antibodi yang baik, terlebih anak berumur dibawah 2 th. yang memperoleh air susu ibunya. Tanda-tanda penyakit gondongan pada anak biasanya tak terdeteksi dengan terang.

Umumnya anak bahkan juga tak tunjukkan tanda-tanda sekalipun. Tanda-tanda awal biasanya deman tinggi disertai sakit kepala, nyeri pada rahang belakang, nyeri otot dan tak ada nafsu makan. Rahang belakang juga kerapkali merasa kaku hingga anak susah buka mulutnya. Tanda-tanda awal ini diikuti dengan tanda-tanda kelanjutan berbentuk pembengkakan dibawah telinga.

Obat Penyakit Gondongan Pada Anak

Anak yang pernah terserang penyakit gondongan, umumnya bakal mempunyai kekebalan pada penyakit ini seumur hidupnya. Hampir seluruhnya anak yang pernah menanggung derita gondongan bakal sembuh sendiri. Tetapi bukanlah mustahil ada komplikasi bila penyembuhannya kurang pas.

Komplikasi itu dapat berbentuk peradangan pada kantong (untuk anak laki-laki), peradangan pada indung telur (pada anak wanita), peradangan pada pancreas, ginjal serta peradangan pada sendi. Obat penyakit gondongan pada anak lebih diperlihatkan untuk kurangi gejalanya. Pasien mesti memperoleh istirahat cukup serta makanan bergizi supaya kekebalan badannya bertambah.

Pada masa dulu, anak-anak yang menanggung derita gondongan umumnya di beri blau atau bubuk pewarna untuk baju. Hingga hari ini belum diketemukan jalinan pada penyakit gondongan serta pemberian blau itu, lantaran dengan cara medis memanglah tak dianjurkan. Walau demikian pada banyak masalah, pasien gondongan yang di beri blau lebih cepat sembuh.

Penyakit gondongan pada anak sesungguhnya adalah penyakit yang akan sembuh sendiri tanpa ada obat. Tetapi dibutuhkan istirahat cukup serta makanan yang terbangun kandungan gizinya