Jenis Jaringan Komputer

Pembaca pasti sudah tahu bukan apa itu jaringan komputer? Ya, secara umum jaringan komputer dapat diartikan dengan dua komputer atau lebih yang saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan dengan tujuan agar dapat saling bekerja sama, entah itu dalam hal komunikasi, manajemen data, file sharing, dan sebagainya.

Apa sih yang akan kita dapat dari sistem jaringan komputer? Jaringan komputer dibuat tentunya bukan tanpa tujuan, manfaat dari jaringan komputer antara lain:
  • Berbagi sumber daya
  • Pertukaran data
  • Komunikasi
  • Akses informasi, dan masih banyak lagi 

Nah, kali ini yang akan kita pelajari bersama adalah mengenai jenis-jenis jaringan komputer yang paling sering kita jumpai.

jenis jaringan komputer terbaru

Berdasarkan jarak jangkauannya, jenis jaringan komputer dapat dibagi menjadi: 

Local Area Network (LAN)

Merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki jangkauan paling sempit dibandingkan yang lainnya. Pada umumnya jenis jaringan LAN kerap kali kita temukan di berbagai tempat yang tentunya tidak asing lagi bagi kita, seperti warnet, perpustakaan, lab komputer sekolah, dan sebagainya. 

Maetropolitan Area Network (MAN)

Sesuai dengan namanya, jarak jangkauan jenis jaringan ini adalah wilayah yang relatif luas, misalnya antar daerah ataupun antar kota dalam provinsi. Contoh dari jaringan ini adalah dapat terjadinya komunikasi di berbagai cabang dari bank pusat di berbagai kota. 

Wide Area Network (WAN)

jaringan jenis ini merupakan jaringan yang memiliki jarak jangkauan paling luas. Jaringan ini dapat menghubungkan pengguna jaringan di berbagai provinsi. Misalnya adalah jaringan telepon Telkomsel di seluruh wilayah Indonesia. 

Internet

Ya, dengan yang satu ini tentunya kita sudah tidak asing lagi. Internet merupakan sebuah jaringan yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna di seluruh penjuru dunia.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya

Client-Server

merupakan sebuah jaringan yang mempergunakan sebuah komputer yang dipergunakan sebagai server yang bertugas melayani komputer client, yaitu pihak yang meneripa pelayanan dari komputer server.

Peer-to-Peer

Merupakan jaringan komputer yang setiap host nya dapat menjadi sebuah server atau menjadi client secara bersamaan.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi
  • Topologi Bus
  • Topologi Ring
  • Topologi Tree
  • Topologi Mesh
  • Topologi Linier 
Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi
  • Jaringan berkabel ( Wired Network)
  • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Bagaimana kawan? Sudah lebih paham kan mengenai jenis jaringan komputer? Jaringan komputer yang telah terurai dalam wacana diatas merupakan jaringan komputer yang paling sering kita temukan dalam keseharian kita. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. (Baca juga tentang artikel lainnya: TOKO KOMPUTER SURABAYA)