Khasiat Daun Kipahit Bagi Kesehatan Tubuh


Tanaman Rondo Noleh atau Rondo Semoyo atau Kipahit (Tithonia diversifolia), daun Rondo Semoyo ini bagus untuk obat gatal-gatal atau kudis. Caranya memakainya simpel saja, daun di rebus sebentar dengan air panas lalu digunakan untuk mandi. Daunnya digunakan untuk mengosok sisi kulit yang gatal atau terkena kudis serta eksim. Bisanya kudis serta eksim bakal cepat jadi kering serta lalu sembuh.

 Manfaat Daun Kipahit
Tumbuhan kipahit (sumber : google. com)

Manfaat kipahit atau nama ilmiahnya Tithonia diversifolia, ini dapat juga dipakai untuk menangani penyakit kencing manis atau diabetes. Karenanya tanaman ini dapat di kenal juga sebagai tanaman insulin. Tanaman ini mempunyai banyak manfaat, satu diantaranya dipakai untuk pestisida nabati. Menurut saya memanglah benar, tanaman ini sangatlah tahan serangan hama serta penyakit. Tanamannya tak dikonsumsi serangga atau ulat. Daunnya mulus tak ada lubang-lubang.

Mungkin saja kekuatan ini karena tanaman ini mempunyai kandungan senyawa yg tidak disenangi penyakit atau beracun untuk hama serangga, hingga tak ada hama serta penyakit yang dapat menyerangnya. Senyawa ini dapat diekstrak serta digunakan juga sebagai bahan untuk pestisida nabati.

Tumbuhan ini memiliki kandungan satu diantara turunan alkoid yang berbentuk bakterisida. Diluar itu terdapat juga quassinoit C22 H30 O6 (Picrassane quassionoid) yang berbentuk mengoksidasi kulit sel bakteri (Harborne 1996). Rasa pahit yang ada pada daun kipahit dikarenakan ada kandungan 4- methilated picrasane tipe quassinoid, javanicins H, i serta J (Loveless 1997). Daun kipahit ini memiliki anti bakteri (Kloppenburg & Vesteegh 1978). Penggunaan daun kipahit untuk penyembuhan penyakit pada ikan sudah banyak dikerjakan oleh orang-orang petani pembudidaya ikan.

Merujuk pada info tinjauan pustaka yang ada, jadi bisa diambil kesimpulan bahwa ekstrak kipahit mempunyai kekuatan untuk penanggulangan parasit jamur. Senyawa-senyawa yang dipunyai daun kipahit ini bisa jadikan bahan uji, dosis serta lama dalam perendaman telur ikan dalam ekstrak hingga bisa di ketahui lebih luas manfaatnya dan kelebihannya pada penetasan telur ikan mas. Cara yang dipakai dalam percobaan uji ini yaitu Rancangan Acak Komplit dengan aspekial. Penyimpulan percobaan ini memakai rancangan itu, didasarkan atas percobaan yang dikerjakan adalah penilaian pada bahan dan saat proses yang homogen.

Pemrosesan data yang didapat dari percobaan ini ditabulasikan berbentuk tabel hasil perhitungan telur yang menetas.
Faktor perlakuan terdiri atas dosis serta lama perendaman pada daya tetas telur ikan mas. Juga sebagai perlakuan ekstrak daun kipahit dibagi jadi 5 skala (D) yakni : D1 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 1 ppt, D2 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 2 ppt. D3 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 3 ppt. D4 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 4 ppt. D5 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 5 ppt.

Manfaat daun kipahit :


Bisa menyembuhkan diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus type 1 yaitu diabetes yang karena sebab kurangnya insulin pada badan. Sedang diabetes melitus type 2 umumnya karena sebab obesitas serta pola hidup yang kurang baik.
Juga sebagai antioksidan alami. Manfaat daun kipahit setelah itu yaitu juga sebagai antioksidan alami yang bisa mencegah radikal bebas.
Turunkan Kandungan Gula. Seperti yang sudah kita ulas di atas daun kipahit bisa mengatur kandungan gula dalam darah.
Daun kipahit juga sebagai anti murodial untuk ginjal dan infeksi kantung kemih.
Manfaat daun Kipahit untuk menguatkan organ hati.
Dampak colon cleansing ; meminum teh kipahit dengan cara teratur bisa memverikan dampak colon cleansing atau bersihkan usus, yang berdampak bersih darah serta punya pengaruh pada kecantikan kulit serta muka.

Nah seluruhnya penyakit pasti ada obatnya jadi janganlah takut kesempatan ini saya terangkan perihal manfaat daun kipahit untuk kesehatan badan yang dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti diatas mudah-mudahan informasi yang saya berikanlah berguna buat seluruhnya.