Manfaat Bunga Ekor Kucing untuk Pengobatan


Bunga ekor kucing (Acalypha hispida Burm. f.) yaitu tanaman yang datang dari Hindia Barat. Ekor kucing umumnya ditanam juga sebagai tanaman hias di pekarangan rumah atau juga sebagai tanaman pembatas pagar. Dimaksud ekor kucing lantaran bentuk bunganya yang serupa dengan ekor kucing saksikan gambar.
Advertisement


Terkecuali digunakan juga sebagai tanaman hias, bunga ekor kucing nyatanya juga umum dipakai juga sebagai tanaman obat. Sisi tanaman yang dipakai untuk penyembuhan yaitu bunga serta daun.

Bunga ekor kucing dapat dipakai untuk menyembuhkan disentri, radang usus, perdarahan, seperti berak darah, muntah darah, mimisan, cacingan, luka bakar, serta tukak (ulkus) di kaki. Sesaat daunnya dipakai untuk menyembuhkan bercak putih di kulit lantaran kehilangan pigmen (vitiligo), disentri, batuk darah (hemoptisis), luka berdarah, serta sariawan.

Manfaat Bunga Ekor Kucing Juga sebagai Obat Tradisional

Bunga Ekor KucingBerikut ini sebagian misal penggunaan bunga ekor kucing untuk penyembuhan tradisional :

Muntah darah

Ambillah bunga ekor kucing seperlunya, lalu dikunyah mentah berbarengan pinang putih, bila butuh imbuhkan jahe sedikit, kencur, serta daun pulai yang masih tetap muda. Kerjakan penyembuhan ini sehari-hari.

Atau dapat pula dengan bunganya. Bunga ekor kucing dilumatkan dengan gula merah seperlunya lalu dikonsumsi.

Vitiligo

Bersihkan segenggam daun segar serta kencur seukuran 1/2 ibu jari hingga bersih, selanjutnya giling hingga halus. Oleskan di bagian badan yang berbercak putih, lalu balut. Kerjakan penyembuhan ini sehari-hari.

Luka berdarah

Untuk tutup luka, bersihkan segenggam daun segar hingga bersih, lantas tumbuk hingga halus. Tempelkan pada luka, lalu balut dengan kain perban.

Menyembuhkan disentri

Ambillah 10-30 gr bunga ekor kucing, bersihkan bersih lalu diebus sampai airnya mendidih. Sesudah dingin, airnya diaring lalu diminum.

Menyembuhkan radang usus

Untuk menyembuhkan radang usus, ambillah 20 gr bunga ekor kucing, bersihkan bersih, lalu di rebus dengan air seperlunya sampai mendidih. Sesudah dingin, airnya disaring lalu diminum.

Menyembuhkan cacingan

Cacingan pada anak dapat diobati dengan bunga ekor kucing. Langkahnya, siapkan 15 gr bunga ekor kucing, lalu di rebus dengan air seperlunya sampai mendidih. Sesudah dingin, airnya disaring lalu diminum.

Nah, itu dia sebagian faedah bunga aekor kucing untuk penyembuhan tradisional. Mudah-mudahan info berguna serta menaikkan pengetahuan anda.