Manfaat Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan


Bandotan adalah tanaman ternasemusim yang datang dari Amerika tropis, terutama Brazil. Di Indonesia, bandotan di kenal juga sebagai tanaman liar atau juga sebagai tanaman pengganggu (gulma) yang sering diketemukan di ladang, kebun, pekarangan, serta ditempat lain sebagainya.

Tanaman bandotan memiliki kandungan kimia seperti asam amino, pectic subtance, potassium clorida, sulfur, B-isitosterol, organacid, friedellin, stigmasterol, tanin, ageratochromomene, minyak atsiri, serta coumarin. Diluar itu, akar bandotan memiliki kandungan kumarin serta alkaloid.

Di bawah ini yaitu kegunaan manfaat bandotan untuk jadikan obat atau herbal, dan cara meramunya untuk jadikan obat tradisional :

Sakkit tenggorokan
Siapkan daun bandotan 30-60 gr, bersihkan sampai brsih, tumbuk daun sampai halus tambahkan air sejumlah 1 gelas serta saring. Lalu tambahkan gula batu seperlunya, aduk sampai rata. Baiknya ramuan ini di minum 3 kali sehari.

Rematik serta bengkak lantaran keseleo
Ambillah satu genggam daun serta batang bandotan yang masing muda, bersihkan hingga bersih, tambahkan 1 kepal nasi basi, serta 1/2 sendok garam, selanjutnya tumbuk sampai jadi kental, oleskan kebagian sendi yang sakit serta biarkan sepanjang 1-2 jam. Baiknya kerjakan cara ini 2-3 kali satu hari sampai sembuh.

Mungkin saja cuma itu yang dapat saya berikan perihal faedah manfaat bandotan,