Manfaat Sehat Dibalik Rasa Asam Kedondong


Kegunaan Manfaat Buah Kedondong, – Untuk sahabat pengagum rujak, asinan serta manisan sudah pasti telah tak asing lagi dengan buah yang namanya kedondong. Di mana buah kedondong ini kerapkali dipakai juga sebagai bahan kombinasi untuk bikin jenis makanan itu. Rasa asam serta manis buah kedodong ini dipakai juga sebagai buah penyegar mulut, hingga beberapa orang yang mengonsumsi buah ini dengan cara segera tanpa ada pemrosesan terlebih dulu. Buah kedondong ini berwarna hijau saat masih tetap muda tetapi saat telah masak warna kulit beralih jadi kuning dan gampang dikupas. Biji kedondong memiliki bentuk besar serta kasar dan berserabut keras, jadi jika lagi makan buah kedondong bijinya jangan sempat ketelan ya, hehe… Terkecuali buah, daun dapat juga digunakan juga sebagai kombinasi sayur asam serta penyedap pepes ikan.

khasiat-manfaat-buah-kedondong-bagi-kesehatanPohon kedondong mempunyai nama latin Spondias Dulcis bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis, dan adalah tanaman yang bisa tumbuh besar tingginya sampai meraih 20 mtr.. Namun pada sekarang ini banyak kita temui spesies type lain di mana spesies ini mempunyai batang yang pendek serta berbuah banyak, mungkin saja type inilah yang paling pas untuk sahabat bila mau menanam pohon kedondong dipekarangan rumah.

Tanda-tanda umum dari tanaman kedondong ini yaitu batangnya berkayu serta memiliki bentuk bulat, sisa daun pada batang tampak terang serta saat masih tetap muda batang berwana hijau serta saat telah tua berwarna abu-abu agak putih serta kehijauan. Tinggi batang bisa meraih 15 sampai 20 mtr.. Daun kedondong adalah daun majemuk serta menyirip, bentuk bulat lonjong serta bertangkai pendek, pinggir daun kedondong bergerigi dengan ujung serta pangkalnya lancip. Bunga kedondong adalah bunga majemuk, ada benang sari seputar 8 hingga 10 dengan panjang kelopak bunga seputar 1 milimeter, warnanya kuning kehijauan. Buah kedondong adalah buah buni dengan bentuk bulat memanjang, warna kulit buah hijau saat masih tetap muda serta berwarna kuning kehijauan bila telah masak.

Buah kedondong yang enak dikonsumsi serta adalah buah yang enak juga sebagai kombinasi rujak, manisan, asinan serta acar tidak diduga ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. terkecuali buah daun juga mempunyai kandungan yang utama untuk kesehatan terlebih senyawa tannin, saponin serta flavonoida. Komposisi nutrisi apapun sih yang ada pada buah kedondong, saksikan dibawah ini.

Kandungan nutrisi buah kedondong
Kandungan gizi pada 100 gr buah kedondong salah satunya memiliki kandungan karbohidrat sebesar 10. 3 gr, protein sebesar 1 gr, lemak sebesar 0. 1 gr, daya sebesar 41 kkal, kalsium sebesar 15 miligram, fosfor sebesar 22 miligram, zat besi sebesar 3 miligram, kandungan vitamin A sebesar 233 IU, vit B1 sebesar 0. 08 miligram, serta vit C sebesar 30 miligram. Diluar itu, buah kedondong kaya kalori, serat serta sukrosa.

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan

• Juga sebagai sumber energi
Kandungan sukrosa berguna untuk menaikkan daya badan.

• Juga sebagai penurun demam
Kandungan air yang cukup tinggi, bisa menolong untuk turunkan demam.

• Memperlancar pencernaan
Kedondong kaya serat hingga cukup baik untuk memperlancar pencernaan.

• Juga sebagai imun badan
Kandungan vitamin C berguna untuk tingkatkan system kekebalan badan.

• Menghindar penyakit jantung
Kandungan vitamin C berguna juga juga sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas pemicu penyakit jantung serta troke.

Perhatian : Untuk anda yang mempunyai tanda-tanda typus, janganlah mengkonsumsi kedondong terlalu banyak.

Buah kedondong saat ini kurang di perhatikan oleh beberapa orang, saya sering memerhatikan buah kedondong yang masak serta pada berjatuhan tanpa ada digunakan. Mudah-mudahan dengan penjelasan ini bisa memberi pengetahuan serta utamanya buah kedondong untuk kesehatan badan kita. Alhamdulillah mudah-mudahan berguna.