Manfaat Singkong untuk Kesehatan


Manfaat Singkong untuk Kesehatan
Singkong nyatanya mempunyai manfaat bermacam untuk kesehatan kita. Silahkan Anda simak manfaatnya dibawah ini :
1. Singkong baik untuk diet rendah kalori Anda.
Kenapa demikian? Ini lantaran singkong adalah bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi serta roti, dengan kandungan serat yang tinggi hingga bikin perut terus merasa kenyang kurun waktu yang lama.
2. Singkong baik untuk kesehatan pencernaan Anda
Singkong adalah umbi yang sangat banyak memiliki kandungan Insoluble Fiber atau Serat yang Tak Larut dalam Air. Serat type ini berperan membuat lancar sistem buang air besar, dan dapat nyerap serta buang racun dalam usus, hingga pencernaan Anda jadi sehat.
3. Manfaat Singkong menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, ahli tanaman obat
Menurut beliau, dampak farmakologis dari singkong yaitu juga sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, serta menaikkan napsu makan. Sisi yang umum digunakan pada tanaman ini yaitu daun serta umbi.
Umbi singkong mempunyai kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B serta C, serta amilum. Daun memiliki kandungan vitamin A, B1 serta C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, serta zat besi. Sesaat kulit batang, memiliki kandungan tannin, enzim peroksidase, glikosida, serta kalsium oksalat.
4. Nutrition and You pernah menulis bahwa singkong mempunyai jumlah kalori 2 x lipat dari kentang. Tidak heran mengingat singkong adalah satu diantara makanan pokok yang kaya karbohidrat. Dalam 100 gr singkong, memiliki kandungan 160 kalori, beberapa besar terbagi dalam sukrosa.
5. Singkong adalah sumber vitamin B kompleks serta grup vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, serta asam pantotenat. Peran riboflavin ini menolong perkembangan badan serta menghasilkan sel darah merah untuk kurangi anemia.
6. Mau makanan yang rendah lemak terkecuali sereal serta kacang-kacangan? Makanlah singkong! Singkong juga mempunyai kandungan protein yang tinggi dibanding ubi, kentang serta pisang. Pasti ini pas untuk Anda yang tengah berlatih ketahanan otot.
7. Singkong memiliki kandungan banyak mineral utama untuk badan, salah satunya seng, magnesium, tembaga, serta besi. Bahkan juga jumlah kalium pada singkong cukup penuhi keperluan badan.
Terkecuali juga sebagai makanan, tanaman singkong mempunyai beragam manfaat juga sebagai obat. Salah satunya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, serta dapat tingkatkan stamina.
Menangani rematik dapat dikerjakan dengan penggunaan dalam serta penggunaan luar.
Pada penggunaan luar, sejumlah lima lembar daun singkong, 15 gr jahe merah, serta kapur sirih seperlunya, dihaluskan serta ditambahkan air seperlunya. Sesudah diaduk, ramuan dioles-oleskan di bagian badan yang sakit.
Pada penggunaan dalam, 100 gr batang singkong, satu batang sereh, serta 15 gr jahe di rebus dengan 1. 000 cc air sampai tersisa 400 cc. Lantas, disaring serta diminum airnya sejumlah 200 cc. Kerjakan 2 x satu hari.
Menangani sakit kepala, daun singkong ditumbuk lantas dipakai untuk kompres. Juga sebagai obat demam, 60 gr batang pohon singkong, 30 gr jali yang sudah di rendam sampai lembut di rebus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Ramuan disaring serta diminum airnya sejumlah 200 cc. Kerjakan 2 x satu hari.
Menangani luka bernanah, batang singkong fresh ditumbuk lantas ditempelkan di bagian badan yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lantas ditempelkan di bagian yang sakit serta diperban.
Obat luka lantaran terserang benda panas, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan sebagian waktu sampai patinya mengendap, lalu patinya dioles-oleskan di bagian yang luka.
Menangani diare, tujuh lembar daun singkong di rebus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Lantas disaring serta diminum airnya sejumlah 200 cc. Kerjakan 2 x satu hari.
Obat cacingan, 60 gr kulit batang singkong serta 30 gr daun ketepeng cina di rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Lantas disaring serta diminum airnya mendekati tidur. Menangani beri-beri, 200 gr daun singkong dikonsumsi juga sebagai lalap.
Untuk tingkatkan stamina, 100 gr singkong, 25 gr kencur, serta lima butir angco (kurma merah, beli di toko obat/makanan china) yang sudah dibuang bijinya, diblender dengan memberikan air seperlunya. Lantas tambahkan madu serta diminum