Manfaat umbi ganyong untuk kesehatan Untuk Menyembuhkan Radang Saluran Kencing


Manfaat umbi ganyong untuk kesehatan terkecuali juga sebagai sumber karbohidrat, umbi ganyong berguna juga untuk penyembuhan sakit panas dalam serta radang saluran kencing.


Kelestarian tanaman ganyong makin lama makin sedikit serta mungkin saja lam kelamaan bakal punah. Saya masih tetap ingat dahulu pada saat kecil tetangga yang baik hati sering memberi satu piring ganyong rebus yang mempunyai rasa yang enak, manis, gurih serta mengenyangkan.

Ganyong yang dalam bhs ilmiahnya Canna discolor L. syn. C. edulis adalh tanaman umbi yang cukup popular, kelestarian ganyong sekarang ini makin sedikit serta bukanlah mustahil dalam waktu saat yang akan dating akang lebih susah untuk memperoleh ganyong.

Mungkin saja beberapa orang yang belum tahu tenaman ganyong terutama mereka yang tinggal di perkotaan akan sangatlah susah untuk lihat dengan cara riil tanaman ganyong, untuk anda yang belum tahu tanaman ganyong anda tak perlu cemas karena

Umbi ganyong yang sudah dibersihkan
Konon tanaman ganyong datang dari amerika selatan seputar 2500 th. saat sebelum masehi serta orang-orang sudah memakai ganyong juga sebagai bahan mengkonsumsi saat sebelum mereka mengetahui padi ataupun singkong.

Di Indonesia ganyong tumbuh dengan baik seputar th. 1905 dengan sentra produksi ada di jateng, jawa timur serta bali. Tanaman ganyong cukup tangguh dikarenakan tahan pada suhu serta medan, walau ia di tanam di bawang naungan tetapi batang dari tanaman ganyong cukup rapuh serta tak tahan pada terjangan angin yang kuat.

Tanaman ganyong yang belum dewasa umbinya akan terus berwarna keunguan, apabila umbi telah cukup dewasa akan mongering serta seakan olah mati waktu musim kemarau, tetapi sesungguhnya tak, lantaran apabila musim penghujan dating rampang dari tanaman ganyong bakal membuat tunas lagi.

Tepung ganyong
Tepung ganyong
Di Indonesia populer dengan sebagian varian ganyong berwarna keunguan serta ganyong berwarna putih, ganyong berwarna keuanguan umumnya dikonsumsi segar lewat cara di rebus serta ganyong putih umumnya di buat sebegai tepung ganyong.

Pada masa moderen ini keutamaan ganyong umum di ambil patinya jadi Anda mungkin saja pernah mendengar perihal pati ganyong. Umbi ganyong yang masih tetap muda umumnya direbus dengan cara segera, disayur serta bahkan juga di bakarpun terasa sangatlah enak.

Umbi ganyong sangatlah baik untuk sumber karbohidrat, kandungan dalam 100 gr ganyomg :

Kalori 95 kkal

Protein 1 gram

Lemak 0. 1 gram

Karbohidrat 22. 6 gram

Kalsium 21 mg

Fosfor 70 mg

Besi 20 mg

Vitamin B1 100 mg

Vitamin C 10 mg

Air 75 gram

Sekarang ini tepung ganyong banyak di buat jadi makanan olahan seperti kue, bahan baku pembuat mie, kripik ganyong, krupuk ganyong serta lain lain.

Manfaat umbi ganyong untuk kesehatan
Ganyong bisa dipakai juga sebagai alternative penganti beras, terkecuali faedah ganyong juga sebagai makanan mengkonsumsi, manfaat umbi ganyong untuk kesehatantan yaitu juga sebagai jadikan obat tradisional untuk menangani panas dalam. Manfaat tanaman ganyong untuk kesehatan yakni untuk penyembuhan panas dalam.

Untuk penyembuhan panas dalam siapkan 30 gr umbi ganyong, 30 gr rimpang temu lawak 700 ml air. Rebus sampai mendidih sepanjang 15 menit minum airnya pada saat masih tetap hangat hangat 2 kali satu hari.

Terkecuali untuk penyembuhan panas dalam manfaat umbi ganyong untuk kesehatan bisa dipakai juga sebagai obat untuk radang saluran kencing. Apapun yang diperlukan untuk menyembuhkan radang saluran kencing terkecuali ganyong?

Persiapkan

40 gr umbi ganyong

30 gr daun kumis kucing

20 gr akar alang alang

600 ml air

Rebus hingga mendidih kurang lebih 15 menit serta minum airnya pada saat masih tetap hangat-hangat 2 x satu hari, saat pagi serta sore hari.

Sekian tadi manfaat yang didapatkan oleh tanaman ganyong, terkecuali juga sebagai sumber karbohidrat yang umumnya di buat jadi tepung ganyong, tanaman ganyong berguna juga untuk menangani penyakit panas dalam dan radang saluran kencing.