Pahitnya Biji Mahoni Yang Menyehatkan Tubuh


Pahitnya biji mahoni yang menyehatkan badan. Pernahkan anda terbayangkan bila biji mahoni berguna juga untuk kesehatan badan, awalannya penulis juga tidak yakin, tetapi sedikit terbelanga saat telah membaca sebagian artikel serta literatul akan manfaat di balik pahitnya biji mahoni. Seperti umumnya obat, mahoni juga pahit terasa. Tetapi, dibalik pahitnya itu tersimpan manfaat alami untuk bermacam keluhan kesehatan, yang diantaranya karena kandungan flavonoid serta saponinnya. Sesungguhnya telah mulai sejak lama bila pohon mahoni diambil juga sebagai bahan dasar mebel dengan beragam pariasi hasil olahannya. Kemampuan serta kerindangan pohonnya juga digunakan juga sebagai penyejuk jalan, baik diperkotaan maupu di pedesaan. Disamping itu buahnya malah dilewatkan jatuh berguguran Pahitnya biji mahoni yang menyehatkan badan


Di negara tetangga kita yaitu Malaysia mahoni memperoleh perhatian lebih. Buah mahoni atau umum dimaksud sky fruit jadikan bahan dasar vitamin ataupun obat-obatan alami. Sebutan Sky Fruit itu lantaran buahnya menunjuk ke arah langit. Penemuan buah mahoni juga sebagai vitamin serta obat-obatan pertama kalinya oleh pakar biokimia, DR. Larry Brookes, pada th. 1990-an. Selanjutnya buah mahoni yang memiliki kandungan flavonoid serta saponin di buat berbentuk ekstrak. Kandungan flavonoidnya bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, terlebih untuk menghindar tersumbatnya saluran darah, kurangi kandungan kolesterol serta penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, menolong kurangi rasa sakit, pendarahan, serta lebam, dan melakukan tindakan juga sebagai antioksidan untuk singkirkan radikal bebas. Saponin bermanfaat menghindar penyakit sampar, kurangi lemak badan, tingkatkan system kekebalan, melakukan perbaikan tingkat gula darah, dan memperkuat manfaat hati serta memperlambat sistem pembekuan darah. Sumber : intisari on-line (manfaat biji mahoni).

Dalam farmakologi Cina serta penyembuhan tradisional lain dijelaskan, tanaman ini mempunyai karakter pahit, dingin, antipiretik (penurun panas), antijamur, serta dapat turunkan desakan darah tinggi. Dampak farmakologis ini didapat dari pemakaian biji yang dikeringkan, digiling halus, hingga jadi serbuk. Manfaat biji mahoni, yakni menangani hipertensi, masalah gula darah, kurang nafsu makan, demam, serta menolong melindungi ketahanan. Cara mengolahnya cukup simpel, yaitu biji mahoni ditumbuk atau dihaluskan jadi bubuk lantas diseduh dengan air panas. Tanaman yang mempunyai kekuatan juga sebagai astringent (mengeringkan) ini bisa mengendapkan protein selaput lendir usus serta membuat satu susunan yang membuat perlindungan usus, hingga menghalangi konsumsi glukosa serta laju penambahan glukosa darah.

Sampai sekarang ini, masih tetap ada orang yang terus memakai biji mahoni juga sebagai bahan dasar ramuan untuk menyembuhkan bermacam penyakit. Beredar dari mulut ke mulut, ramuan serbuk mahoni juga diakui mempunyai manfaat untuk menolong sistem pengobatan serta vitalitas. Terkecuali serbuk, ada pula yang konsumsi segera biji mahoni sesudah buang kulit luarnya yang berupa pipih. Tetapi Sayangnya, lantaran biji mahoni dikira terlampau pahit untuk yang mengonsumsinya, Jadi biji mahoni telah tak populer lagi. Pada akhirnya sebagian produsen obat tradisional mengolahnya dengan cara serius berbentuk ramuan siap seduh. Bila Anda ingin meramunya sendiri, sesungguhnya cukup gampang. Di pasar tradisional, biji mahoni banyak di jual dengan harga relatif murah atau bahkan juga anda dapat pula mencarinya segera dari pohon mahoni disekita lingkungan anda.

Tak terlampau rumit bila anda mau bikin ramuan memiliki bahan dasar serbuk mahoni dirumah, cukup mencampurkannya dengan air, yaitu :

Untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, ambillah 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni serta satu gelas air panas. Imbuhkan madu satu sendok makan, diaduk-aduk, sesudah hangat lantas diminum.
Untuk pasien masalah gula darah, ramuannya sama juga dengan hipertensi, serta baiknya diminum 30 menit saat sebelum makan.
Untuk masuk angin serta penambah stamina, ramuannya juga sama, namun bisa ditambahkan jahe.
Cukup mudah bukan, bikin ramuan memiliki bahan dasar biji mahoni yang hampir banyak dilewatkan berjatuhan dibawah pohon tanpa ada digunakan untuk melindungi kesehatan,