ANDA SERING TELAT DATANG BULAN JANGAN PANIK !! INI SOLUSINYA " KAUM HAWA WAJIB TAHU KALIAN SERING DATANG BULAN


Wajarnya siklus menstruasi atau datang bln. berlangsung sebulan sekali. Karena tiap-tiap wanita mempunyai periode yang tidak sama dalam siklusnya, tidak tidak sering didapati wanita yang alami telat datang bln. sampai berbulan-bulan.

Wanita yang aktif dengan cara seksual juga bakal cemas apabila telah tiba waktunya haid namun tamu bulannya tidak kunjung datang. Namun ingat, hal semacam ini belum pasti lantaran hamil, namun mungkin saja ada suatu hal yg tidak beres.

 " Bila seseorang wanita seksual aktif alami terlambat haid, jadi yang perlu di pastikan pertama kalinya yaitu ada tidaknya kehamilan. Karena tak tiap-tiap masalah terlambat haid pasti hamil, " tutur dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, spesialis kebidanan serta kandungan RSUD Leuwiliang Bogor pada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (8/1/2014).

Latar belakang pendidikan yang rendah serta minimnya info bikin orang-orang sukai menilainya bahwa wanita yang telat datang bln. pastinya hamil. Tetapi, menurut dr Irfan saat sebelum menduga-duga seorang hamil atau tak, sebaiknya yakinkan terlebih dulu dengan lakukan rangkaian tes, dapat memakai testpack atau USG ke dokter kandungan.

Tidak cuma karena hamil yang mengakibatkan seseorang wanita telat datang bln., namun ada aspek lain yang memengaruhi siklus menstruasi wanita serta mengakibatkan tamu bulanan itu telat datang. dr Irfan menuturkan bahwa haid yang normal dipandang dari 3 hal, yakni interval, lama serta volume darahnya. Diluar batasan normal haid itu dimaksud dengan perdarahan rahim abnormal (abnormal uterine bleeding) atau masalah haid.

 " Masalah haid karena interval haid dibedakan jadi Oligomenorrhea (tidak sering haid) bila interval haidnya kian lebih 35 hari serta Polimenorhhea (kerap haid) bila interval haidnya kurang dari 21 hari atau Amenorrhea bila tak haid kian lebih 3 bln.. Mesti di cari lebih jauh pemicu terjadinya tidak sering atau biasanya haid ini. Bila perlu, dokter spesialis kebidanan serta kandungan bakal memberi intervensi obat hormonal untuk mengatur siklus haidnya supaya diinginkan siklus haidnya normal, " jelas dr Irfan.

dr Irfan memberikan penyebab fisiologis terjadinya masalah amenorrhea atau tak haid sepanjang tiga bln. yakni pada wanita mendekati pubertas, kehamilan, menyusui serta menopause. Sedang pemicu yang berbentuk patologis bila terlambat haid atau bahkan juga hingga amenorhhea dikarenakan oleh lantaran banyak hal, umpamanya stres, kisah operasi pengangkatan ovarium (kandung telur), operasi pengangkatan rahim, gizi jelek, obesitas atau ada tumor pada organ kandungan.