Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt atau Rusak

Corrupted File atau File yang Korup adalah suatu keadaan dimana file mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pengolahan data ataupun serangan virus.
cara memperbaiki file rar yang corrupt
Checksum error in the encrypted file blablabla. Corrupt file or wrong password.

Dalam kasus file yang dikompres seperti rar ataupun zip, sebuah corrupted file tidak akan bisa di ekstrak. Saya yakin banyak teman-teman yang pernah mengalami hal ini saat mendownload file gajah yang berukuran bergiga giga. Koneksi yang kurang stabil dan sering mengalami gangguan adalah salah satu penyebab terbesar masalah ini.

Dari sini muncullah pertanyaan "Bagaimanakah Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt atau Rusak?" Tak perlu khawatir file yang rusak bisa kembali direcovery dengan winrar dan program khusus lainnya.

Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt 

Tetap Mengekstrak File Rar yang Rusak dengan Winrar

Dalam sebuah file rar yang corrupt itu tidak semua bagian rusak, ada beberapa yang bisa diselamatkan. Langkah pertama adalah klik kanan pada file rar yang akan diekstrak. Di jendela baru yang muncul, beri centang kotak Keep Broken File, lalu klik Ok. Dengan begini Winrar akan mengacuhkan file yang rusak dan tetap mengekstak semua file dalam rar.
cara memperbaiki file rar yang rusak
Hal ini dapat anda lakukan dengan mudah jika file yang anda download adalah kumpulan foto, musik ataupun video. Dengan cara ini maka anda dapat mengekstrak file rar untuk mengambil data yang masih normal.

Namun andai file rar tersebut adalah software ataupun game maka hal ini tidak dapat dilakukan, karena semua file dalam rar itu diperlukan saat install dan menggunakan software. Untuk itu silahkan coba solusi memperbaiki file rar yang korup lainnya di bawah ini.

Recovery File Rar Corrupt dengan Winrar

Winrar yang merupakan salah satu software terbaik untuk mengkompres dan mengekstrak juga dibekali fitur repair untuk memperbaiki rar ataupun zip yang rusak. Cara satu ini dapat dilakukan jika kerusakan pada file rar belum terlalu parah.
cara memperbaiki file rar corrupt
Langkah pertama, klik kanan para file rar dan pilihlah open with Winrar. Akan muncul jendela baru, klik Repair selanjutnya pilihlah tempat anda menaruh file yang direcovery, terakhir klik ok.
cara mengatasi file rar yang corrupt
Waktu yang dibutuhkan untuk proses repair ini tergantung besarnya file rar. Setelah file selesai, coba ekstrak file rar tersebut.
cara mengatasi file rar yang rusak
Sayangnya tingkat kesuksesan dari proses ini cukup rendah. Jika masih mengalami kegagalan maka cobalah mengatasi nya dengan software recovery rar seperti RAR Recovery Toolbox, Zipmagic, Advanced RAR Repair.

Cara Mengatasi file rar yang corrupt dengan Software Recovery

Software recovery biasanya dibekali dengan algoritma algoritma untuk men-scan, mengecek dan recovery file archive. Banyak yang sudah membuktikan kehebatan dari software recovery premium ini, sayangnya untuk menggunakannya harus membeli lisensi yang lumayan mahal.

Itulah beberapa cara memperbaiki file rar yang corrupt yang dapat anda lakukan. Setelah melalui proses andai masih mengalami kegagalan ekstrak maka mau tidak mau harus mendownload ulang file yang rusak tadi.

Saran agar file yang tidak rusak, saat ingin mendownload file yang besar gunakanlah internet dengan kecepatan yang cepat dan stabil. Pertimbangkan untuk menggunakan software mempercepat download seperti IDM. Sekian artikel Cara Memperbaiki File Rar yang Corrupt atau Rusak dari kacamata geek, Semoga Bermanfaat!