Cara Mengatasi Google Search yang Tidak Bisa Diakses

Beberapa hari yang lalu, laptop saya mengalami masalah yaitu tidak bisa buka search google di Mozilla. Anehnya hanya google yang tidak bisa akses, situs lain macam facebook, twitter, kaskus masih bisa terbuka dengan normalnya.

Ya memang sebenarnya masih banyak search engine yang dapat kita gunakan sebagai alternatif google tapi menurut pendapat saya Google adalah yang terbaik dalam menyajikan hasil pencarian. Akhirnya mau tidak mau saya mencoba mengatasi tidak bisa akses google di laptop.

Percobaan Mengatasi Google Search yang Tidak Bisa Diakses

Langkah pertama yang terfikirkan untuk mengatasi google yang tidak bisa dibuka adalah menghapus semua cache, cookies dan history (Ctrl+Alt+Del), hasilnya gagal masih tetap tidak bisa dibuka.

Setelah itu langsung saya coba di semua browser yang terinstall termasuk Google Chrome, UC Browser, Opera, Internet Explorer dan Baidu Spark, hasilnya sama yaitu google search tidak bisa diakses.

Muncul kecurigaan jangan jangan memang jaringan wifi telkom sedang memblock akses ke google (kebetulan saat itu ada di wifi id Corner). Saya bertanya ke orang lain yang juga wifian, hasilnya laptop dan handphone android mereka bisa membuka google seperti biasanya.

Dari sini bisa disimpulkan bukan browser yang error, bukan jaringan yang error, bukan pula face saya. Sumber masalahnya kemungkinan disebabkan malware yang mungkin sedang berkunjung.
Cara Mengatasi Google Search yang Tidak Bisa Diakses

Cara Sukses Mengatasi Tidak Bisa Buka Google

Dan benar masalah yang saya hadapi dikarenakan serangan virus, mereka dibekali kemampuan untuk mengubah setting proxy server ataupun DNS yang ada di komputer anda. Malware ini menyisipi file host di OS yang dapat memblock internet anda untuk mengakses situs tertentu, seperti google, yahoo dan situs situs antivirus. Hebat ya, mereka berusaha mencegah kita menggunakan search engine untuk mencari solusi.

Cara paling cepat dan simple adalah membasmi malware dengan anti virus terupdate. Terserah pakai anvir yang mana saja, asalkan keluaran terbaru pasti bisa mengatasi.

Setelah itu jika masih tidak bisa buka google, ubahlah setting Proxy dan DNS laptop anda menjadi default. Ikuti langkah langkahnya di bawah ini!

Mengecek Setting Proxy Komputer Windows

Pertama masuklah ke Control Panel >> Network and Internet >> Internet Option.
tidak bisa buka google di mozilla
Akan muncul jendela baru, pindahlah ke tab Connections, lalu pilihlah LAN settings. Pastikan tidak ada centang di "Use a Proxy Server for Your LAN".
google tidak bisa dibuka di komputer

Mengecek Setting DNS Komputer Windows

Masukklah Control Panel >> Network and Internet >> View Network Status and Tasks.
tidak bisa akses google di laptop
Klik saja di koneksi yang tersambung, pilihlah Properties.
Di Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), pilih Properties.
Pastikan ada centang di samping "Obtain DNS server address automatically".
tidak bisa buka google di android

Flush DNS

Perintah Flush DNS digunakan untuk mereset/ membersihkan cache DNS di komputer kita. Pertama masuklah Command Prompt, cukup search saja atau Ctrl+R lalu ketik CMD. Masukkan perintah ipconfig /flushdns
tidak bisa buka google dengan Flush DNS
Sebenarnya malware ini tidak hanya memblock akses ke google saja terkadang mereka juga disetting blokir situs lain seperti avira, microsoft, yahoo. Tapi tapi tidak perlu khawatir, cara di atas pasti bisa mengatasi semuanya.

Di kasus saya kemarin, cukup melakukan scan dengan antivirus terupdate dan google bisa diakses kembali. Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Google Search yang Tidak Bisa Diakses dari kacamata geek. Jika ada saran ataupun pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.