Cara Merekam Acara TV untuk Upload Youtube

Setelah sebelumnya ngawicybers membahas tentang cara nonton tv di laptop, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merekam acara TV, tutorial ini ditujukan bagi teman teman yang ingin berbagi rekaman televisi di situs berbagi video, Youtube.

Dewasa ini memang bermain di Youtube bisa menjadi alternatif mencari di dollar dari blog. Banyak pengguna yang mengupload acara populer dari stasiun televisi yang merupakan hasil rekaman sendiri. Faktanya sah sah saja dan bahkan mereka dapat bayaran dari video tersebut, ya walaupun terkadang dicekal hak cipta jika berurusan dengan acara musik. Video yang mereka share berkualitas dengan resolusi jelas, pastinya bukan hasil rekaman kamera ataupun handphone.

Cara Merekam Acara TV

Cara Merekam Acara TV
© aranzulla.it
  • Merekam Acara TV Online

    Sebelumlah siapkan koneksi internet dan komputer anda, pastikan jaringan stabil saat proses merekam video. Tentunya supaya hasil maksimal.
    • Dengan IDM
      Internet Download Manager akan langsung muncul saat kita menstreaming video, begitupun saat kita membuka TV Online. Berbeda dengan download video di tempat hosting, download video streaming ini tidak ada duration dan time left (cek gambar).
      Cara Merekam Acara TV dengan IDM
      Selama anda masih membuka TV online tersebut maka IDM akan selalu mendownload, jika ingin menyudahi merekam tinggal klik tombol stop.
    • Dengan bantuan aplikasi perekam aktifitas layar monitor (Screen Recorder)
      Software yang dapat kita gunakan contohnya adalah Hypercam, Cam Studio, Camtasia Studio, Ashampoo Snap dll. Fungsi utamanya adalah merekam layar monitor, caranya cukup membuka situs TV Online dan klik pilihan record di software di atas.

      Sayangnya untuk mendapatkan software tersebut terkadang kita harus membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Jikapun gratis biasanya ada batasan batasan tertentu.
    Kualitas dari video rekaman yang dihasilkan tergantung dengan resolusi yang anda pilih, inilah pentingnya kecepatan internet saat melakukan streaming. Untuk merekam video HD mungkin anda perlu setidaknya kecepatan 7 mbps atau mungkin lebih. Hal ini diperlukan agar buffering videonya tidak patah patah.

    Sayangnya kualitas suara hasil rekam TV Online biasanya cukup lirih dan kurang jernih. Jika ingin serius di Youtube, tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit modal untuk TV Tuner ataupun Receiver Digital.
  • Merekam Acara TV dengan TV Tuner

    Cara ini membutuhkan TV Tuner, carilah yang memberikan fitur untuk merekam siaran. Harga pasarannya bisa mencapai 250-an ribu rupiah, cukup murah. Fitur record (merekam) juga bisa disetting kapan kita akan merekam dan berapa lama waktu rekaman. Sehingga tidak perlu ditunggu terus menerus.

    Kualitas gambarnya kurang begitu baik, tidak jauh beda dengan tv biasa karena tergantung kualitas sinyal yang ditangkap oleh antena anda. Sayangnya anda cuma bisa merekam acara TV lokal dengan cara ini.
  • Merekam Acara TV dengan Receiver Digital

    Dengan receiver yang baik kualitas gambar yang jauh lebih bagus dari pada tv biasa. Kebanyakan uploader Youtube yang serius memakai cara ini. Tidak heran bahkan mereka dapat menghasilkan video 1080 (HD) dengan mudahnya. Sayangnya harga yang ditawarkan juga lebih mahal, sekitar 400-500 ribu rupiah bahkan ada yang jutaan.

    Jika ingin merekam acara TV yang lebih beragam, jangan ragu untuk berlangganan TV cable. Sangat disarankan bagi yang ingin membuat channel Youtube tentang pertandingan olahraga.

Sekedar saran, rekamlah acara TV full dari awal jam tayang sampai berakhir, jangan rekam persegmen. Ya memang nantinya akan ada iklan yang ikut terekam, tapi ini tidak apa dari pada ada bagian yang terlewat. Iklan dapat dihilangkan dengan proses editing.

Setelah melakukan cara merekam acara TV di atas, seorang uploader akan mengubah format video yang cocok untuk Youtube. Biasanya mereka juga meng encode video agar size nya lebih kecil agar proses upload lebih cepat. Jika ingin menguplad video berukuran besar dengan cepat dan murah, gunakan fasilitas wifi id yang sudah ada hampir di seluruh Indonesia (saran).

Mungkin itulah cara merekam acara TV yang paling populer di kalangan para uploader. Sekedar tips, jangan upload acara TV yang sudah ada channel Official nya seperti Net TV. Percuma karena selepas upload biasanya dengan cepat video akan dicekal dan diprivate. Carilah acara TV populer namun masih jarang pesaing.

Alternatif lain adalah mengabung gabungkan momen momen penting dari beberapa video acara televisi menjadi satu. Contoh saja Eka Gustiwana yang mengubah video rekaman TV menjadi lagu dengan aransemen menarik. Ok, selamat mencoba merekam! Semangat mengejar penghasilan dari Youtube!