Inilah Manfaat Luar Biasa Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Reportase Terkini - ASAM JAWA (tamarindus indica) memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan selain itu digunakan pula untuk bumbu masakan dalam berbagai jenis masakan lokal . Tanaman ini bukan ali Indonesia maupun di negara-negara lain dikawasan Asia Tenggara .



    Di banyak negara tersebut , buah asam dikenal dengan berbagai sebutan. Orang Melayu menyebutnya asam jawa karena asam banyak digunakan sebagai bumbu untuk masakan khas jawa, dijawa sendiri dinamakan asem , disulawesi disebut asang jawa atau asang jawi . 
   Bangsa-bangsa dari negara-negara indocina lain lagi menyebutnya , yakni magyee (Myanmar), ma-kham(Thailand), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), atau trai me (Vietnam). Sedangkan orang Barat mengenalnya dengan tamarind. 

Manfaat 
     Banyak sekali faedah asam bagi kesehatan manusia . Daun dan daging buah asam mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti tatrat, malat, sitrat , suksinat, asetat, hingga flavonoid (bersifat anti radang untuk menghilangkan rasa sakit ). 
   Oleh karena itu , tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit , seperti untuk meredakan nyeri dan menghilangkan bau anyir bagi wanita yang sedang haaid atau terlambat bulann, mengobati radang tenggorokan atau difteri, batuk kering , bisul, darah rendah, sariawan, keputihann, juga campak . 
    Asam juga bisa digunakan sebagai pencahar , untuk memudahkan buang air besar, melancarkan peredaran darah, menurunkan panas dalam , menambah nafsu makan , mencegah kolesterol tinggi, menurunkan demam pada bayi dan pada ibu setelah nifas, mengatasi darah rendah, disentri, eksim, dan masih banyak lagi . 

Olahan 
   Asam sebenarnya termasuk salah satu bumbu penting yang diperlukan dalam berbagai macam masakan . selain itu , bisa juga digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan dan minuman, bahkan permen. Berikut ini salah satu contoh hasil olahan dari buah asam.
Baca Juga : Tahukah Anda ? Harta Yang Halal Bisa Menjadi Pencegah Dan Penawar Berbagai Penyakit
Manisan Asam Jawa 

Bahan : 
  • 1 kilogram asam jawa 
  • 500 gram gula aren 
  • 250 gram gula pasir 
  • 250 ml air 
  • 250 gr gula pasir berbutir halus untuk ditaburkan 
Cara membuat : 
  • Gula aren dan gula pasir direbus dengan air hingga larut , kemudian saring . Rebus kembali hingga agak kental . matikan api 
  • Rendam asam dengan larutan gula ini semalaman . Angkat , jemur di panas matahari selama sehari .
  • panaskan kembali larutan gula . rendam asam untuk kedua kalinya semalaman .
  • tiriskan asam , jemur hingga agak kering . 
  • taburi dengan gula pasir berbutir halus. siap untuk dinikmati .
Sumber : Aneka Tanaman Apotek Hidup Di Sekitar Kita Oleh Raditya Akbar