SEBELUM SEMUANYA TERLAMBAT DAN MEMBUAT ANDA MENYESAL,TOLONG DIBACA!!! Jangan Lupa untuk Perhatikan Hal ini Sebelum Anda merebus Telur ya Bun!! BISA BERBAHAYA!!!



Walau terdengar gampang, nyatanya pertanyaan bagaimanakah merebus telur yang baik masih tetap sering diklik orang di internet.

Apakah betul-betul ada cara yang pas serta pas untuk merebus telur.

Masih jadi pertanyaan besar yaitu soal apakah merebus telur mesti memasukkan telur mulai sejak sedari awal atau saat air rebusan telah mendidih? Seperti dilansir Yahoo! Food, ada banyak 13 hal utama yang harus jadi perhatian saat Anda merebus telur.

Kenali telur 

Putih telur, disebut juga albumen, mengadung sekira 90 % air serta 10 % protein. Dalam sistem yang disebut koagulasi, air mendidih dapat bikin asam amino tergulung erat yang membentuk protein. Merebus telur dengan pas, jadi Anda bakal mendapatkan albumen yang bertekstur baik. Sesaat, mendidihkannya terlampau lama, sama saja Anda membuatnya jadi seperti karet.

Umur telur mempengaruhi kualitas telur rebus

Makin tua usia telur ayam yang Anda beli, makin baik hasilnya saat direbus. Telur yang masak memiliki kulit lebih transparan serta tidak tebal, itu berarti asam karbondioksida pada ayam telah menyusut. Saat matang sesudah di rebus, jadi akan gampang untuk mengulitinya, sisi putih telur akan tidak melekat pada kulit. Kolumnis The Food Lab, J. Kenji López-Alt, menyarankan untuk mendiamkan telur beberapa minggu saat sebelum di rebus untuk memperoleh umur telur yang masak. Selain di rebus, Anda dapat memakai telur setiap saat.

Wadah untuk merebus sangat penting 

Menurut American Egg Board, wadah yang Anda pakai untuk merebus telur memainkan peranan utama dalam memberi hasil telur rebus yang baik. Panci mesti dapat menyimpan jumlah telur yang direbus.

 " Yakinkan bahwa telur selalu dalam satu susunan. Bila tak muat sampai telur sama-sama menumpuk, jadi itu bakal berbagi sumber panas. Mengakibatkan, kematangan telur tak rata, saat masak tak bersamaan hingga akhirnya kurang baik, " kata juru bicara American Egg Board, Serena Schaffner.

Matang semuanya

Yakinkan air rebusan merendam semua fisik telur, jangan biarkan ada sisi kulit telur yg tidak terendam air. " Baiknya semua telur dimasak hingga putih serta kuning masak sempurna. Ini dapat berlaku untuk setiap hidangan yang memiliki kandungan telur. Rebus telur sampai mencapai suhu internal 160 derajat Celsius, " catat Schaffner.

Apakah segera di rebus atau tunggu hingga air rebusan mendidih?

Apakah Anda termasuk yang merebus telur lewat cara segera memasukkan telur demikian wadah diisi air ditempatkan diatas kompor? Atau menanti hingga air rebusan mendidih lalu baru memasukkan telur? Beberapa ilmuwan di museum ilmu dan pengetahuan, Exploratorium, di San Francisco, menjalankan kedua cara itu. Mereka terdiri jadi dua grup.

Tim yang memulainya dengan air dingin menyampaikan, memasukkan telur mulai sejak awal bakal meminimalkan tekstur putih telur jadi seperti karet. Sedang yang menanti hingga air mendidih menyebut, langkah tersebut dapat mengontrol saat untuk merebus telur. Namun kebanyakan orang sepakat, bahwa air yang terlampau panas bakal bikin putih telur masak terlampau cepat.

Dalam bukunya, The Food Lab : The Hard Truth About Boiled Eggs, J. Kenji López-Alt menyarankan, baiknya memasukkan telur saat air rebusan telah mendidih. Ini dapat berikan keuntungan untuk hasil yang lebih bersih serta putih.

Lama mendidihkan 

Dalam bukunya yang sama, López-Alt menunjukkan hasil telur yang di rebus kurun waktu tidak sama, yakni telur yang dididihkan kurun waktu satu menit, tiga, lima, tujuh, sembilan, 11, 13, serta 15 menit. Putih serta kuning telur alami kematangan dalam waktu serta temperatur tidak sama. Sementara, putih telur perlu suhu sampai 180 derajat Celsius untuk masak, kuning telur dapat masak pada suhu 170 derajat Celsius.

Cangkak menekan telur 

Air mendidih membuat udara pada kantung udara yang terdapat di satu segi telur mengembang serta tak dapat keluar. Mengakibatkan, hawa bakal mendorong putih telur kedalam. Itu mengapa waktu telur masak, Anda merasakan ujung telur tak akan bulat, tetapi sedikit datar. Beberapa merekomendasikan untuk menusuk cangkak telur dengan jarum saat sebelum di rebus. Itu bertujuan supaya udara keluar hingga bentuk telur akan terus bulat.