Tolong Sebarkan Info Penting Ini Buat Kesehatan ===>>Kenali 5 Gejala Fisik Penanda Tingginya Kadar Kolesterol,..?


gejala-fisik-kolesterol-tinggi-kesemutan
Mengetahui kadar kolesterol dalam darah adalah hal yang cukup penting sebagai usaha mencegah datangnya penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Umumnya, kontrol dapat dikerjakan dengan tes darah di laboratorium. Pemeriksaan sederhana dapat memberitahukan angka kolesterol keseluruhan, sedangkan untuk kontrol yang lebih kompleks, kita dapat memperoleh informasi penambahan seperti kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), serta trigliserida. Kontrol kadar kolesterol memanglah baiknya dikerjakan dengan cara berkala untuk terus memonitor kesehatan badan keseluruhannya.
Kadar Kolesterol Yang Tinggi dan Beberapa Gejala Fisik Tertentu
Di segi lain, ada sinyal tanda fisik yang dapat dilihat untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol. Menurut Dokter Aulia Sani, dokter spesialis jantung serta pembuluh darah dari RS Sahid Sahirman, terdapat banyak beberapa gejala yang mengindikasikan tingginya kadar kolesterol seorang dalam darah, salah satunya yaitu :
1. Tangan dan kaki sering pegal
Pembuluh darah di kaki dan tangan dapat juga terhalang disebabkan penimbunan kolesterol. Penimbunan itu biasanya berlangsung dengan cara terus-menerus dan membuat tangan dan kaki merasa pegal.
2. Sering kesemutan
Kesemutan dibagian tangan dan kaki adalah implikasi dari ketidaklancaran aliran darah dibagian tubuh spesifik. Kesemutan terkait dengan saraf yang tidak memperoleh aliran darah. Hal semacam ini karena aliran darah menjadi kental disebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.
3. Dada sebelah kiri merasa nyeri
Dada samping kiri terkait dengan jantung yang bertindak sebagai pemompa darah. Penyumbatan pembuluh darah di seputar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti tertusuk. Rasa nyeri itu bahkan juga bisa menyebar sampai ke sisi leher. Nyeri dada dapat juga menjadi sinyal tanda terjadinya serangan jantung. Keadaan itu dapat menjadi tanda bahwa kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.
4. Tengkuk dan pundak merasa pegal
Tengkuk dan pundak yang merasa pegal juga adalah implikasi dari ketidaklancaran aliran darah pada pembuluh darah di ruang itu. Ketidaklancaran darah ini dapat disebabkan ada penyumbatan pembuluh darah disebabkan tingginya kadar kolesterol.
5. Sering pusing dibagian belakang kepala
Pusing di bagian belakang kepala dikarenakan oleh penyumbatan pembuluh darah di ruang seputar kepala. Penyumbatan itu terjadi karena kolesterol mulai membuat plak di pembuluh darah. Jika dilewatkan, maka pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan stroke.