Subhanallah !! ==>> Ternyata, Inilah Keutamaan Menikahi Janda, Yang Belum Banyak Orang ketahui !!

Janda merupakan seorang wanita yg tidak memiliki suami. Banyak sebab seorang wanita menjadi janda, di antaranya karena suaminya meninggal dunia ataupun adanya perceraian dalam rumah tangga tersebut.



Di pandangan sebagian pria, janda bukanlah menjadi pilihan ketika hendak mencari pasangan. Karena banyak pria yg lebih memilih untuk menikahi wanita yg masih gadis untuk dijadikan sebagai pendamping hidup.

Namun, bukan berarti tidak ada pria yg mau menikahi janda. Sebenarnya dalam pandangan Islam, menikahi seorang janda jg memiliki keutamaan. Apakah keutamaan yg dimaksud tersebut? berikut informasi selengkapnya.

Menikahi seorang janda ternyata sama artinya dengan berjuang di jalan Allah SWT. Bahkan mereka seperti berpuasa di siang hari dan shalat di malam hari. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.


Dari Abu Hurairah, berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Dia juga laksana orang yang berpuasa di siang hari dan menegakkan shalat di malam hari.”(HR. Bukhari no. 5353 dan Muslim no. 2982)

Terlebih lagi apabila janda yang hendak dinikahi tersebut memiliki anak yang ayahnya sudah meninggal atau yatim. Itu sama artinya orang tersebut telah menolong untuk menafkahi si janda tersebut sekaligus akan mendapatkan keutamaan besar karena telah menyantuni anak yatim.


border-image-source: initial; border-image-width: initial; border: 0px; font-stretch: inherit; font-style: inherit; font-variant: inherit; font-weight: inherit; line-height: inherit; margin: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">


Dari Sahl ibnu Sa’ad, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,


Beliau bersabda : “Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.” [Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya]. (HR. Bukhari no. 5304).
Meskipun sebenarnya menikahi seorang perawan juga memiliki keutamaan. Akan tetapi, menikahi janda tidaklah boleh dipandang sebelah mata. Bahkan ada pria yang lebih membutuhkan janda dibanding gadis perawan. Terlebih lagi janda tersebut lebih dewasa darinya sehingga mampu mengurus adik-adik yang dimiliki oleh lelaki tersebut. Dari Jabir bin ‘Abdillah, ia pernah berkata,

“Aku pernah menikahi seorang wanita di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu aku bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pun bertanya, “Wahai Jabir, apakah engkau sudah menikah?” Ia menjawab, “Iya sudah.” “Yang kau nikahi gadis ataukah janda?”, tanya Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku pun menjawab, “Janda.” Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Kenapa engkau tidak menikahi gadis saja, bukankah engkau bisa bersenang-senang dengannya?” Aku pun menjawab, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki beberapa saudara perempuan. Aku khawatir jika menikahi perawan malah nanti ia sibuk bermain dengan saudara-saudara perempuanku. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Itu berarti alasanmu. Ingatlah, wanita itu dinikahi karena seseorang memandang agama, harta, dan kecantikannya. Pilihlah yang baik agamanya, engkau pasti menuai keberuntungan.” (HR. Muslim no. 715)
Demikianlah informasi mengenai keutamaan menikahi janda, terlebih lagi ia yg memiliki anak yatim. Akan tetapi, jangan karena asal memilih janda yg ingin dinikahi meskipun memiliki keutamaan. Tetaplah memilih janda yg memiliki pengetahuan agama dan akhlak yang baik.


Sumber : infoyunik.com