Agar Doa Di Kabulkan Allah, Inilah Syarat-Syarat Dalam Berdoa yang harus Terpenuhi

Reportase Terkini - Syarat-syarat dalam berdoa. Agar doa dikabulkan, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Syarat-syarat tersebut bisa dipraktikkan para istri demi kebahagiaan keluarganya.




1.Berusaha seoptimal mungkin
Doa tidak akan dikabulkan jika tidak mengiringinya dengan usaha optimal. Bagi berdoa yang meminta rezeki, Allah tidak akan pernah menurunkan uang dari langit. Bekerja dan berusaha adalah sebuah keniscayaan. Bahkan, ketika hendak dihancurkan oleh orang-orang kafir, kaum muslimin tidak akan mungkin mendapatkan keselamatan dan kemenangan jika mereka hanya berdoa tanpa maju ketengah medan pertempuran.

Tidakkah kita ingat, bagaimana kaum muslimin ditolong oleh Allah pada Perang Badar? Ketika kaum Musyrikin dengan 1000 tentaranya hendak melumat kaum muslimin yang hanya 300 orang, kaum muslimin tetap memutuskan untuk menghadapi mereka sesuai dengan perintah Allah Swt. Baru sesudah mereka berharap hadapan dengan pasukan musuh, mereka berdoa, menengadahkan tangan kelangit, meminta pertolongan kepada Allah:
"(Ingatlah), ketika kaum memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu. 'Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut." (QS. Al-Anfal [8]: 9)

2. Menyambung hubungan yang baik dengan Allah
Jika kita ingin didengar oleh Allah, maka kita harus memiliki hubungan yang baik dengan Allah. Namun kenyataannya, kebanyakan manusia telah memutus hubungan baik dengan Allah karena kemaksiatan yang dilakukannya, dan berpalingnya manusia dari syariat dan hukum Allah. Kita melanggar larangan-larangan Allah. kita lalai dari perintah-perintah dan kewajiban-kewajiban yang telah Allah tetapkan. Kita telah meninggalkan amar makruf dan nahi mungkar.

Rasulullah Saw. bersabda, "Sungguh kalian akan terus menyeru kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Atau (jika tidak), maka Allah akan menjadikan orang-orang yang paling buruk diantara kalian menguasai dan memimpin kalian, sehingga ketika itu orang-orang yang paling baik diantara kalian berdoa, tetapi doanya tidak dikabulkan."(HR. Al-Bazzar dan Ath-Thabrani)
Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu ! Tennyata Inilah Keutamaan Mendoakan Suami
3. Ikhlas dan tulus
Maksudnya adalah mengikhlaskan hati kita setulus-tulusnya hanya untuk Allah. Membersihkan hati kita dari selain Allah, dari penghambaan kepada nafsu, syahwat, dan dunia beserta segala yang ada didalamnya.

Keikhlasan merupakan salah satu kunci agar doa kita dikabulkan Allah. Bahkan, meski orang-orang musyrik, jika mereka berdoa dengan penuh keikhlasan, maka Allah pun tidak akan segan-segan mengabulkan doa mereka. Sebagaimana yang Allah kisahkan dalam Surat Yunus:
"Dialah Tuhan yang menjadikan kamu dapat berjalan didaratan, (berlayar) dilautan, sehingga apabila kamu berada didalam bahtera, dan meluncurlah bahtera itu membawa orang-orang yang ada didalamnya dengan tiupan angin yang baik, dan mereka bergembira karenanya, datanglah angin badai, dan (apabila) gelombang dari segenap penjuru menimpanya, dan mereka yakin bahwa mereka telah terkepung (bahaya), maka mereka berdoa kepada Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya semata-mata. (Mereka berkata), 'Sesungguhnya jika Engkau menyelamatkan kami dari bahaya ini, pastilah kami akan termasuk orang-orang yang bersyukur." (QS. Yunus [10]: 22)

4. Menghindari segala hal yang haram
Banyak hal yang menyebabkan permohonan dan permintaan tidak dikabulkan. Sudahkah kita menghindarkan perut kita dari makanan dan minuman yang diharamkan Allah? Bila perut kita masih saja terisi dengan hal-hal yang haram, tentulah doa yang kita panjatkan tak pernah Allah kabulkan.

Sesuap makanan saja, dapat mengakibatkan doa kita selama 40 hari tidak akan terkabul. Bila makanan haram yang masuk keperut kita lebih dari sesuap bahkan berkali-kali sehingga tak terhitung lagi, sudah tentu sampai mati pun kita berdoa, Allah tak akan mengabulkannya. [reportaseterkini]

Sumber : Dahsyatnya doa istri ajaran Nabi oleh Ummi Iktafa