Cara Mengatasi An Existing Connection Was Forcibly Closed di IDM

Terkadang saat kita mendownload sebuah file dengan bantuan Internet Download Manager atau IDM akan muncul jendela pop up dengan tulisan. "An existing connection was forcibly closed by the remote host. this normally results if the peer aplication on the remote host is suddenly stopped, the host is rebooted, or the remote host used a 'hard close"
Cara Mengatasi An existing connection was forcibly closed di IDM
Artinya kurang lebih "Sebuah koneksi yang ada ditutup secara paksa oleh remote host, hal ini sangat wajar jika peer aplication di remote host tiba tiba berhenti, hostnya rebooted atau remote host melakukan "hard close".

Peringatan ini tidak hanya muncul di IDM tapi juga di berbagai software/ aplikasi yang membutuhkan koneksi internet  seperti ftp, ssh, sql dll. Penyebab munculnya jendela pop up ini adalah software IDM yang tidak bisa melakukan koneksi ke server host, bisa terjadi karena komputer anda memblock koneksi ataupun server yang melakukan block.

Cara Mengatasi An existing connection was forcibly closed di IDM

Jika muncul peringatan ini cobalah untuk mendownload ulang beberapa kali, terkadang memang koneksi yang kurang stabil merupakan salah satu sumber masalahnya.

Dari beberapa pengalaman yang saya dapatkan, ada beberapa salah pengaturan yang dapat menyebabkan masalah An existing connection was forcibly closed by the remote host.
  • IDM diblock di Firewall
    Firewall memiliki  kewenangan untuk memblock permintaan membuat koneksi yang dilakukan oleh software software yang terinstall di Windows kita.

    Silahkan cek apakah IDM juga salah satu aplikasi yang diblock, caranya Control Panel >> System and Security >> FireWall >> Allow an app through Windows Firewall.

    Jika ada, tinggal hilangkah block saja. Problem ini jarang terjadi karena biasanya otomatis IDM sudah diijinkan oleh Firewall
  • Browser atau IDM anda disetting Proxy (salah satu atau keduanya)
    Mungkin sebagian dari anda menggunakan proxy sebagai salah satu langkah cara mempercepat download di IDM. Jika memang iya, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya koneksi yang ditutup secara paksa.

    Beberapa file hosting memang tidak mengijinkan kita untuk melakukan pengunduhan data jika IP yang merequest download berbeda dengan IP yang mendownload di IDM. Saya pribadi sering mengalami hal ini saat mendownload di Indowebster, 4shared dan beberapa situs lainnya.

    Untuk mengatasi An existing connection was forcibly closed di IDM anda dapat mematikan sementara plugin yang dapat menganti IP di browser seperti Anonymox, Hola. Pastikan pengaturan koneksi Browser anda tidak memakai proxy, jika anda pengguna Mozilla Firefox caranya masuk ke Setting >> TAB Advanced >> Network >> Setting. Pastikan menggunakan system proxy atau no proxy.
    Cara Mengatasi An existing connection was forcibly closed di IDM browser
    Di IDM sendiri jangan sampai anda menggunakan proxy, cara ceknya di Option >> TAB Proxy/ Socks. Jangan ada centang di Use Proxy.
    An existing connection was forcibly closed IDM

Biasanya cukup dengan pengaturan proxy maka download dapat dilakukan dengan lancar. Tapi kalau masih ada error, anda bisa mencegah IDM mengambil alih download sehingga download dilakukan oleh Browser. Sudah saya singgung di artikel sebelumnya Cara Mengatasi Masalah IDM Some Sites Do Not Allow Requesting The same File Twice

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi An existing connection was forcibly closed di IDM. Jika anda pertanyaan ataupun saran, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar.